Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (2)

by -2552 Views
Bupati Banjar H Saidi Mansyur meresmikan pembangunan perumahan Villah PGRI /foto: Diskominfo Banjar

Penghormatan Bagi Guru

Program selanjutnya, Bupati Banjar, H Saidi Mansyur memberikan penghormatan yang luar biasa kepada para guru di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur meresmikan pembangunan perumahan Villah PGRI di Jalan Bincau Desa Jingah Habang Karang Intan Kabupaten Banjar pada Juni 2022 lalu.

Saidi berharap, dengan keberadaan perumahan guru “Villa PGRI” ini nantinya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para guru, guna mewujudkan Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (MANIS).

Program ini dibuat tidak lepas dari perhatian Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, karena berdasarkan survei Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Banjar, 63 persen atau 126 responden menyatakan belum memiliki rumah kepemilikan sendiri.

Anggota PGRI dari jenjang TK, SD, SMP, SMA atau SMK berjumlah 5.900 orang, terdiri dari 5.310 orang (90%) berstatus ASN (PNS dan PPPK) dan 531 orang (10%) berstatus Non ASN (Guru Kontrak dan Honorer Sekolah).

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi sangat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banjar atas dukungan yang diberikan sehingga terwujudnya pembangunan rumah khusus guru ini.

Rumah dengan Tipe 36 dibangun diatas lahan 15 hektare, mampu membangun 600 unit rumah khusus guru dengan DP nol persen dengan angsuran Rp 1.050.000 hingga 2.000.000 baik untuk ASN maupun Honorer.

Baca Juga: Kesuksesan Kabupaten Banjar Kendalikan Pandemi Covid-19

Baca Juga: Torehan Prestasi Kabupaten Banjar

Selanjutnya, sebagai upaya untuk meninggatkan kualitas SDM, Bupati Banjar, H Saidi Mansyur meresmikan Perpustakaan Desa Salat Makmur.

Ditegaskannya, Pemerintah memberikan peluang menggunakan dana desa untuk penguatan budaya literasi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya melalui pembangunan dan pengelolaan perpustakaan.

Terlebih desa menjadi fokus program Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah pada Oktober 2022. Mewakili Kabupaten Banjar dalam penilaian kualitas keluarga derah tingkat Kalimantan Selatan (Kalsel). Perpustakaan desa nantinya akan berfungsi lebih, yakni sebagai pusat pembelajaran non formal atau penyelenggaraan pendidikan seperti paket A, B dan C.

peresmian perbaikan atau peningkatan jalan kabupaten dari Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman hingga Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam /foto: Diskominfo Banjar

Kemudian, peresmian perbaikan atau peningkatan jalan kabupaten dari Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman hingga Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam, di Pengaperan RT. 03 Desa Bawahan Selan, Rabu (28/12/2022) pagi.

Dikatakan Saidi, perbaikan kondisi jalan sepanjang 6,3 Km dari total 26 Km ini, ditangani dengan pelapisan Aspal tipe Lataston Lapis Aus (HRS-WC) ditambah dengan bahu jalan beton. Ia berharap peningkatan ruas jalan dapat memperlancar jalur transportasi masyarakat, distribusi hasil perkebunan dan lainnya.(adv-k/bjr)

Responses (2)

  1. Pingback: Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (1) - Bingkai Banua
  2. Pingback: Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (3) - Bingkai Banua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.