Tingkatkan Kemampuan SDM, Puluhan Kasubag Perencanaan Anggaran Ikuti Bimtek

by -225 Views

MARTAPURA,- Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Perencanaan Anggaran Dalam Penyusunan Klasifikasi Belanja Daerah Tahun 2024 Lingkup Pemkab Banjar. Bimtek dibuka Kepala BPKPAD Banjar Achmad Zulyadaini didampingi Kabid Anggaran Fitria Sahriza, di Hotel Aston Banua, Gambut, Senin (27/11/2023) pagi.

Achmad Zulyadaini mengatakan, dalam rangka upaya peningkatan SDM yang terampil dalam hal penyusunan perencanaan anggaran daerah di Lingkup Pemkab Banjar, perlu diberikan pemahaman yang sama dalam hal penyusunan klasifikasi belanja daerah tahun 2024.

” SKPD sangat memerlukan SDM petugas yang ahli di bidang perencanaan anggaran yang berkaitan dengan laporan keuangan. Untuk itu diperlukan kegiatan Bimtek yang menyangkut perencanaan anggaran keuangan daerah agar mereka dapat menambah keterampilan dalam hal penyusunan klasifikasi belanja daerah tahun 2024,” ucap Zul sapaan akrab Kaban BPKPAD.

Zul menjelaskan, untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar, diperlukan berbagai instrumen kebijakan pengelolaan keuangan yang mengatur siklus manajemen strategis daerah mulai dari perencanaan hingga evaluasi serta pertanggungjawaban.

“ Adanya kerja sama antara Pemkab Banjar dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNLAM Banjarmasin tentang kegiatan Bimtek ini, diharapkan SDM perencanaan anggaran dapat semakin terampil dalam mempersiapkan perencanaan anggaran keuangan daerah sehingga Pemkab Banjar dapat mempertahankan opini WTP,” tuturnya.

Sementara Kabid Anggaran Fitria Sahriza berharap Bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan SDM perencanaan anggaran, dalam melaksanakan penyusunan perencanaan anggaran SKPD sesuai ketentuan yang menjadi kewajibannya, serta memberikan pemahaman tentang sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah melalui tata cara penyusunan klasifikasi belanja daerah Tahun 2024.

“ Semoga seluruh Kasubbag Perencanaan dapat diberikan gambaran mengenai penerapan perencanaan anggaran SKPD dalam hal penyusunan klasifikasi belanja daerah tahun 2024 dengan bantuan aplikasi komputer dan software yang praktis melalui Sistem Informasi Klasifikasi Belanja “SILAKAS BANJAR,” pungkas Fitria.

Kegiatan digelar selama 2 (dua) hari, 27-28 November 2023, diikuti 47 perwakilan masing-masing SKPD dengan narasumber Praktisi Perencanaan Anggaran Daerah dan Akademisi dari UNLAM Banjarmasin Sri Maulida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *