,

Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (1)

by -1292 Views
Bupati Banjar, H Saidi Mansyur Bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor Pada Hari Jadi Kabupaten Banjar/ foto: diskominfo Kab. Banjar

Kesuksesan Pengendalian Pandemi Covid-19

bingkaibanua.com Martapura – Capaian kinerja sebuah pemerintahan dapat dilihat disetiap akhir tahun kalender. Momentun pergantian tahun, merupakan momentum untuk menunjukkan prestasi, inovasi, dan kinerja selama 1 tahun.

Mengawali tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Banjar yang dipimpin oleh H Saidi Mansyur sebagai Bupati Banjar dan Habib sebagai Wakil Bupati Banjar, berhasil menorehkan sejumlah prestasi, prestasi, dan kinerja yang luar biasa bagi masyarakat Serambi Makkah.

Diawali dengan kesuksesan pengendalian pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, pada awal Januari 2022 pandemi Covid-19 masih jadi momok yang menakutkan. Karena pandemi ini, tidka hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga berdampak terhadap berbagai sektor pembangunan.

Dalam perjalanannya, Kabupaten Banjar sempat berada di zona mmerah, namun berkat kegigihan Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang mampu mendorong jajaran Pemkab Banjar didukung jajaran Forkopimda, para alim ulama, tokoh masyarakat, di awal tahun 2022, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjar sudah bisa mencapai angka 70 persen.

Baca Juga: Bangun Rumah Bagi Guru

Kesuksesan capaian vaksinasi sebesar 70% di awal tahun 2022, Bupati Banjar H Saidi Mansyur dapat memantapkan program-program inovasinya, yang bertujuan memudahkan pelayanan masyarakat.

Dimulai dari Inovasi yang bernama Gelang Anting MANIS atau Gerakan Tera Ulang Antisipasi Stunting menuju Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis. Inovasi yang dilaunching pada minggu pertama Februari 2022, diharapkan tidak ada lagi kasus kesalahan penentuan status gizi dikarenakan kesalahan timbangan.

Program ini dapat digunakan posyandu dan puskesmas se-Kabupaten Banjar untuk mendapatkan hasil yang akurat. Sehingga bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Banjar.

Selanjutnya, Bupati Banjar, H Saidi Mansyur memelopori “Bayar Zakat Bersama” pada Ramadhan di bulan April 2022 lalu. Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk mengeluarkan zakat dalam membantu fakir miskin.

Pengumpulan Zakat bersama baznas Kab. Banjar /foto: Diskominfo Banjar

Hasil pengumpulan zakat tersebut diberikan kepada kaum duafa, fakir miskin dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 1443 H, sehingga bantuan dapat dimanfaatkan pada momen tersebut.

Dikatakan Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, program “Bayar Zakat Bersama” sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, untuk membantu kaum dhuafa, terlebih di masa pandemi Covid – 19. Selain itu, gerakan ini juga dapat mendorong orang untuk berzakat.

Inovasi selanjutnya adalah Implementasi SIAP (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QR Code Indonesia Standard (QRIS), yang diluncurkan oleh H Saidi Mansyur bersama Bank Indonesia Perwakilan Kalsel bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) di Pasar Permata Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, pada Minggu terakhir di bulan Mei 2022.

Launching Implementasi SIAP QRIS di CBS Martapura bertujuan untuk mempermudah dan membantu pembeli untuk melakukan pembayaran non tunai melalui aplikasi online bentuk scan barcode.(ad-k/bjr)

Responses (2)

  1. Pingback: Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (2) - Bingkai Banua
  2. Pingback: Kaleidoskop Kabupaten Banjar Tahun 2022: Sejumlah Prestasi Ditorehkan dan Inovasi Diluncurkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur (3) - Bingkai Banua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.