, ,

Panti Sosial Fajar Harapan Gelar Takmir Ramadhan 1443 H

by -356 Views
Kegiatan Takmir Ramadhan di Panti Sosial Fajar Harapan

bingkaibanua.com  Martapura – Menyemarakkan bulan suci ramadhan, Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Netra dan Fisik Fajar Harapan, menggelar Takmir Ramadhan 1443 H.

Dikatakan Kepala Panti RSPD Netra dan Fisik Fajar Harapan, Jumri, kegiatan Takmir Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya di bulan suci ramadhan.

Kegiatan Takmir Ramadhan menjadi bagian dari pembinaan mental spiritual bagi penyandang disabilitas netra.

“Karena pada Bidang Rehabilitas Sosial juga meliputi Fisik, Mental, dan juga Spiritual. Oleh karena itu, dalam kesempatan Ramadan kali ini kita melaksanakan lanjutan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun,” kata Jumri, saat kegiatan pembukaan Takmir Ramadahn, Selasa (5/4/2022).

Dijelaskan Jumri, Kegiatan Takmir Ramadhan tersebut dilaksanakan setiap harinya selama bulan puasa dimana pada pagi hari kajian keagamaan akhlak, hadist, serta kajian lainnya.

“Sementara itu untuk di malam hari ada tarawih berjamaah dan tadarus Alquran,” ucap jumri.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh penyandang disabilitas netra yang berada di Panti Fajar Harapan sebanyak 56 orang.

“Untuk sementara hanya disabilitas netra. Untuk sasaran layan fisik belum dilaksanakan, dikarenakan transisi Pergub Nomor 5 tahun 2022 tentang penambahan pelayanan panti di Fajar Harapan. Jadi tidak bisa serta merta dilakukan, karena ada persiapan seperti sarana dan prasarana, agar akses penyandang disabilitas fisik terpenuhi,” jelas Jumri.

Jumri juga mengingatkan kepada para klien Panti Fajar Harapan bahwa dalam kegiatan Takmir Ramadan ini untuk tetap senantiasa melaksanakan Protokol Kesehatan.

Dirinyapun berharap, melalui momentum Ramadan kali ini, dapat menambah motivasi dan semangat belajar keagaamaan, karena menurutnya para klien Disabilitas Netra masih banyak yang belum lancar membaca Alquran.

“Semoga momentum dan kegiatan Takmi Ramadhan di Panti Fajar Harapan ini, bisa memotivasi mereka, bagaimana dengan keterbatasan mereka, tetap memiliki semangat untuk belajara membaca Alquran dan ilmu agama lainnya,” harapnya.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.