Bupati Banjar Berikan Bantuan BPJS Kesehatan Gratis Untuk Anggota BPK Swasta

by -542 Views

bingkaibanua.com MARTAPURA,- Penghujung tahun 2023 adalah kabar baik bagi para anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) swasta beserta keluarganya. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Banjar akan memberikan fasilitas BPJS Kesehatan gratis terhitung sejak Desember 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Pembiayaan Muhammad Habibi mengatakan, sesuai dengan arahan presiden, gubernur hingga bupati bahwa cakupan penjaminan kesehatan semesta dilaksanakan diseluruh kabupaten di Indonesia.

Untuk Kabupaten Banjar lanjutnya, Bupati H Saidi Mansyur pada tahun ini berkomitmen untuk mendaftarkan seluruh penduduknya yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk menjadi peserta, termasuk anggota BPK swasta.

“ Kemarin ketika kita audiensi dengan beliau, salah satu yang diingatkan jangan sampai peserta dari tenaga sosial pemadam kebakaran swasta tertinggal untuk didata,” ucap Habibi diruang kerjanya, Kamis, (2/11/2023) siang.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Buser 690 sebagai induknya Damkar swasta dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar untuk lebih masif melakukan pendataan, sehingga diharapkan seluruh anggota Damkar datanya bisa masuk.

“ Ketika mendaftarkan BPJS Kesehatan itu, otomatis beserta keluarganya,” ujarnya.

Habibi menambahkan, cakupan penjaminan kesehatan semesta ini diprioritaskan untuk yang belum terdaftar sama sekali pada BPJS Kesehatan. Namun bagi anggota BPK yang sudah terdaftar dan menjadi peserta dengan biaya mandiri juga harus didata, karena akan dilakukan migrasi pada awal tahun 2024.

“ Yang sudah terdaftar dengan membayar sendiri, akan kita coba daftarkan dengan dana pemerintah agar beban mereka berkurang,” katanya.

Sementara terkait akan batasan waktu bagi Damkar swasta untuk memasukkan datanya paling lambat 10 November ini, agar pihaknya juga bisa cepat memasukkan datanya ke BPJS Kesehatan dan akan tersortir bagi yang sudah terdaftar maupun yang belum.

Terpisah, Sekretaris Bumi Selamat Rescue (Buser) 690 Banjar, Akhmad Syarif mengaku sejak beberapa hari lalu sudah mengirimkan surat kepada 154 unit BPK swasta yang ada di Kabupaten Banjar perihal pendataan tersebut. Sejauh ini belum ada unit BPK yang menyerahkan data tersebut, namun ia memastikan data dimaksud akan terkumpul sebelum batas waktu yang sudah ditetapkan.

” Alhamdulillah, terima kasih kepada Pemkab Banjar yang memfasilitasi jaminan BPJS kesehatan untuk kawan-kawan BPK, semoga bermanfaat,” ucapnya.(md)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.