Kalsel Siap Siaga Hadapi Bencana Banjir

by -9734 Views

BANJARMASIN – Memasuki musim penghujan, Kalsel siap siaga untuk menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Hal ini seiring dengan telah dikeluarkannya surat edaran Gubernur Kalsel kepada Bupati/Walikota tentang antisipasi kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Surat bernomor 360/040/BPBD/PK/2020 ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri, Kepala BNPB, Kapolda Kalsel, Danrem Antasari, Komandan Lanal Banjarmasin, Sekretaris Daerah, dan Kepala SKPD Provinsi Kalimantan Selatan.

Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah meluasnya dampak kejadian yang disebabkan curah hujan ekstrem.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, saat dikonfirmasi, Senin (13/1/2020) menjelaskan, beberapa materi penting dalam surat tersebut antara lain;

Bupati/walikota diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan peringatan dini, seperti melakukan pengecekan atau inspeksi sarana dan prasarana.

Selain itu, pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan BMKG, BNPB, TNI-Polri, dan tokoh masyarakat terkait perubahan cuaca dan peringatan dini banjir.

“Mengalokasikan biaya pelaksanaan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor serta belanja tidak terduga dalam APBD,” paparnya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di kabupaten/kota untuk lebih mengoptimalkan perannya dalam mencegah maupun pada saat menanggulangi bencana.(bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.