Tim Gabungan BPBD Banjar Tangani Karhutla Di Lima Desa

by -552 Views

bingkaibanua.com MARTAPURA BARAT,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama tim gabungan lakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lima lokasi berbeda. Karhutla terjadi di Desa Sungai Batang dan Tangkas Kecamatan Martapura Barat, Desa Indrasari dan Tungkaran Kecamatan Martapura dan Desa Sungai Arfat Kecamatan Karang Intan.

Di Desa Sungai Batang, Senin (4/8/2023) siang, tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI, PMI dan EBR bahu membahu memadamkan api di lahan yang ditumbuhi semak belukar tersebut. Tim yang dilengkapi dengan sarana 1 mobil double gardan, 1 mobil pick up, 1 mesin pompa 2 silinder, 6 roll selang dan 1 kepyok berhasil melakukan pemadaman api sekitar 2 jam penanganan. 1,5 hektare lahan terbakar dalam peristiwa tersebut.

Usai penanganan di Sungai Batang, peristiwa yang sama juga terjadi di desa tetangga yakni Desa Tangkas.

” Tak lama, kami juga mendapat laporan karhutla di Desa Tangkas, masih di Martapura Barat, dan langsung ditangani oleh tim gabungan,” ucap Warsita Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

Warsita menambahkan, api membakar semak belukar yang terlihat sebagian mengering akibat cuaca panas. Penanganan yang dilakukan oleh tim gabungan mampu padamkan kobaran api setelah 1 jam lebih, dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare.

Di Desa Sungai Arfat tim gabungan BPBD juga dibantu oleh warga sekitar melakukan pemadaman api. Api yang membakar semak belukar hingga pepohonan dan kebun karet tersebut bisa dipadamkan setelah 45 menit penanganan, dengan luasan lahan terbakar 0,5 hektare.

Sementara untuk Desa Indrasari tepatnya di bagian belakang Stadion Demang Lehman, luasan lahan terbakar sekitar
0,2 hektare dan 05 hektare di Desa Tungkaran Kecamatan Martapura.

” Penanganan ada di lima desa hari ini, terima kasih tim gabungan yang sudah kerja maksimal, juga warga,” tutupnya.(md/rsb)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.