,

6.000 Lebih Peserta Ramaikan Pawai Ta’aruf MTQ Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar

by -658 Views

bingkaibanua.com GAMBUT,- Sekitar 6.000 peserta ikut ramaikan kegiatan Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLVI tingkat Kabupaten Banjar di Kecamatan Gambut.

Pawai Ta’aruf cukup meriah bergerak dari Handil Asang Desa Banyu Hirang km 11 Kecamatan Gambut dan berakhir di lapangan panggung utama MTQ di lapangan bola “Basaing” Kampus Universitas NU di Jalan A Yani km 12 Gambut, Jumat (04/08/2023) sore.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie menyaksikan langsung barisan kafilah dari 20 kecamatan yang penuh semangat. Sambil melambaikan tangan mereka menyapa kehadiran orang nomor satu dan dua di Kabupaten Banjar tersebut.

Setelah kegiatan Pawai Ta’aruf MTQ, Bupati Saidi Mansyur membuka Bazar MTQ XLVI yang diikuti 20 kecamatan serta stand lainnya. Pembukaan ditandai dengan pemotongan untaian melati oleh Bupati Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al – Habsyie kemudian mengunjungi stand-stand yang mengikuti bazar tersebut.

Di sela mengunjungi beberapa stand, Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, setiap kegiatan MTQ selain pawai juga dimeriahkan dengan bazar dan menjadi kesempatan peserta untuk mengenalkan hasil ekonomi kreatif.

“Tadi bisa dilihat betapa luas potensi yang ada di beberapa kecamatan baik itu kerajinan tangan, makanan olahan dan lainnya, tentunya semua produk tersebut bisa dipromosikan lebih jauh lagi bahkan sampai bisa diekspor ke luar negeri. Diharapkan peserta menggali potensi dan kreativitas sehingga produk lokal kita bisa lebih unggul dari daerah lain,” harap Saidi.

Kepada semua kafilah, Saidi berpesan menjaga stamina, kesiapan mental, kedisiplinan serta kesehatan dan tetap semangat.

Camat Gambut Ahmad Fauzan mengungkapkan, kegiatan Pawai Ta’aruf berjalan sukses dan mendapatkan antusias baik dari peserta maupun masyarakat.

“Terkait pemondokan kafilah, saat ini sudah berjalan dengan baik, fix dan aman. Disiapkan 40 rumah terdiri 3 rumah untuk dewan hakim dan panitera, 37 rumah untuk kecamatan/kafilah, untuk laki-laki dan perempuan kami pisah,” jelas Fauzan.

Dirinya menambahkan, untuk venue ada 10 lokasi, terdiri dari satu di panggung utama, empat di sekolah-sekolah seperti di SMA Banua, SMA Gambut, SMKN Gambut dan MA Gambut, kemudian sisanya ada 5 di masjid-masjid yang ada di dua kelurahan dan dua desa.

Hadir pada kegiatan ini unsur Forkopimda Kabupaten Banjar, Ketua Umum LPTQ H Masruri, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Banjar, para Kepala SKPD Banjar dan sejumlah undangan lainnya.(md/rsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.