Wisuda Tahfizh Tingkat SDN Percontohan dan SMPN se-Kabupaten Hulu Sungai Utara

by -1101 Views
Iriyani Safitri dari SMPN 1 Amuntai Utara mendapatkan hadiah berupa uang beasiswa sebesar Rp. 500.000 atas prestasi tahfizh 12 juz.
Iriyani Safitri dari SMPN 1 Amuntai Utara mendapatkan hadiah berupa uang beasiswa sebesar Rp. 500.000 atas prestasi tahfizh 12 juz.

Pendidikan adalah hak semua warga dan menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan Pendidikan yang layak dan berkualitas. Kemendikbud juga selalu mengembangkan berbagai terobosan baru dalam pelaksanaan Pendidikan, salah satunya adalah dengan menambahkan Pendidikan Tahsin Tahfizh dan Amaliyah Keagamaan di tingkat satuan pendidikan dasar (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Pendidikan Tahsin dan Tahfizh serta Amaliyah Keagamaan menjadi program yang sangat diunggulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Program ini bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai dan dalam pelaksanaannya merekrut tenaga Tahsin tahfizh dan Amaliyah Keagamaan dari alumni dan mahasiswa STIQ Rakha Amuntai.

Kegiatan wisuda ini tidak hanya mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan STIQ Rakha Amuntai saja, akan tetapi juga dari pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan akan dikeluarkannya Peraturan Bupati tentang pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler religi untuk jenjang pendidikan dasar dengan harapan nantinya semua jenjang pendidikan dasar dapat melaksanakan kegiatan yang serupa.

Sebagai bahan evaluasi dari program tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan STIQ Rakha Amuntai melaksanakan wisuda tahfizh yang ke II dengan mewisuda sekitar 386 orang wisudawan/ti yang berasal dari SDN dan SMPN yang berasal dari kabupaten Hulu Sungai utara.

Berdasarkan laporan Ustadz Muhammad Rifani selaku ketua Panitia Wisuda Tahfizh ke-II tingkat SDN pilihan dan semua SMPN se-Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 02 Maret 2023 berjumlah 386 orang, dengan perincian hafalan sebagai berikut

Jumlah hafalan sebanyak 12 Juz sebanyak 1 orang
Jumlah hafalan sebanyak 4 Juz sebanyak 3 orang
Jumlah hafalan sebanyak 3 Juz sebanyak 8 orang
Jumlah hafalan sebanyak 2 Juz sebanyak 22 orang
Jumlah hafalan sebanyak 1 Juz sebanyak 251 orang

Adapun peserta yang menunjukkan prestasi yang luar biasa ditunjukkan dengan jumlah hafalan tertinggi diraih oleh Iriyani Safitri dari SMPN 1 Amuntai Utara dengan prestasi tahfizh (hafalan Alquran) sebanyak 12 juz. Pada kegiatan tersebut Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Hulu Sungai Utara juga memberikan apresiasi kepada 24 peserta dengan predikat jumlah hafalan terbanyak dengan hadiah berupa uang beasiswa sebesar Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah) perorang.

Sumber: Qufa Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *