Jembatan Mali-Mali Diresmikan, Buka Akses Tingkatkan Ekonomi

by -1202 Views
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (Paman Birin) saat Meresmikan Jembatan Mali-Mali dan Ruas Jalan Mataraman - Sungai Ulin

bingkaibanua.com Kab. Banjar – Penggunaan jembatan Mali Mali dan ruas Jalan Mataraman – Sungai Ulin, di Kabupaten Banjar diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin Rabu(4/1/2023).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor didampingi Guru Wildan , Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel Ahmad Solhan, Serta Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah.

Dikatakan Paman Birin, pembangunan jembatan dan jalan ini sesuai dengan visi misi yang dapat diaplikasikan atau diwujudkan guna memenuhi hajat hidup orang banyak.

“Dengan dirampungkannya pembangunan jembatan Mali-Mali dan ruas Jalan Lingkar Mataraman – Sungai Ulin ini, masyarakat yang ingin menuju Banua Anam dari Banjarmasin atau dari arah sebaliknya, yakni dari Banjarmasin menuju Banua Anam menjadi lebih cepat,” ujarnya.

Selain dapat memangkas waktu, papar Paman Birin, keberadaan ruas jalan Lingkar Mataraman – Sungai Ulin juga dapat memecah kemacetan dan mengurangi beban di ruas Jalan Ahmad Yani, serta akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Akses pertanian masyarakat juga lebih mudah, dan lain sebagainya. Jadi keberadaan ruas jalan ini banyak manfaatnya bagi masyarakat sekitar, tak terkecuali masyarakat se-Kalsel pada umumnya yang juga memanfaatkan ruas jalan ini,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel Ahmad Solhan, menyebut, panjang jalan tembus Sungai Ulin-Mataraman ini 15,41 kilometer.

Pembangunan jalan tembus ini dibangun atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banjar, Pemprov Kalsel dan Penanganan Jalan Nasional.

“Awal penanganan ruas jalan dilaksanakan pada tahun anggaran 2003 – 2010, dan sempat terhenti pada 2011 sebelumnya akhirnya dilanjutkan kembali pada 2012 – 2014. Sehingga pada 2019 – 2022 dilanjutkan penanganan kembali,” katanya.

Pada pembangunan ruas jalan ini, meliputi jembatan Kelas A yang dibangun, yakni Jembatan Sungai Mudam, Jembatan Jingah Habang, dan Jembatan Mali-Mali.

Sementara itu, Pembakal Sungai Arpat H Normaliansyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Paman Birin yang sudah mendukung perekonomian masyarakat melalui pembangunan jalan dan jembatan di wilayahnya.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih, yang jelas, luar biasa akses semakin mudah, masyarakat dapat menjual hasil kebun dan perikanan jauh lebih mudah dengan adanya pembangunan jalan ini, kemana mana juga dekat,” katanya. (adv/adpim)

Responses (3)

  1. Pingback: Paman Birin Resmikan Jembatan Mali-Mali di Kabupaten Banjar - Bingkai Banua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.