,

Bersama Buya Arrazy Hasyim, Paman Birin Dipasangkan Sorban Oleh Guru Wildan

by -1145 Views
Paman Birin Bersama Buya Arrazy Setelah Dipasangkan Sorban Oleh Guru Wildan (foto: istimewa/adpim kalsel)

bingkaibanua.com Martapura – Ada momen istimewa saat kedatangan Buya Arrazy Hasyim yang kedua kali di Kalimantan Selatan.

Melalui kegiatan yang bertajuk Rihlah Da’wah 2, Buya Arrazy Hasyim diminta untuk mengisi ceramah atau tausyiah pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw, yang digelar oleh Pemprov Kalsel, yaitu di Gedung Idham Chalid dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Dalam rihlah dakwah ini, Buya Arrazy tidak hanya mengisi tausyiah atau majelis ta’lim, tetapi juga berkunjung dan bersilaturrahmi kepada para alim ulama, serta berziarah ke makan para ulama.

Pada saat berkunjung kepada salah satu ulama banua, yaitu KH Muhammad Wildan Salam di Madrasah Darussalam Tahfidzh dan Ilmu Al-Qurโ€™an Rabu (2/02/2022), Buya Arrazy yang selalu didampingi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, mereka dipakaikan sorban oleh Guru Wildan.

Sebelumnya, Guru Wildan membacakan sanad ‘Imamah, yaitu ๐—ถ๐—น๐—ฏ๐—ฎ๐˜€ ๐—ฎ๐—น-๐—ž๐—ต๐—ถ๐—ฟ๐—พ๐—ผ๐—ต ๐—ฎ๐—น-๐—ฆ๐—ต๐˜‚๐—ณ๐—ถ๐˜†๐˜†๐—ฎ๐—ต dan mengijzahkannya kepada mereka dan kepada para jemaah yang hadir.

Buya Arrazy dengan kerendahannya, merasa belum pantas mendapatkan sanad ‘Imamah, namun karena semangat ingin bersambung kepada Baginda Nabi Muhammad Saw, maka ia pun mengambil musalsalnya kepada ahli Hadis riwayah.

“Dari Tuan Guru M. Wildan Salman al-Banjari al-Makki, kami dan saudara angkatnya yaitu Paman Birin, dipakaikan sorban atau ‘imamah, sebagaimana ia dipakaikan guru-gurunya, seperti Syaikh M. Yasin al-Fadani, Syaikh Zaini Buayan, ayahnya Guru Salman, dan terutama poros sanadnya Syaikh Abdul Hamid bin Amin al-Banjari al-Makki -Ulama Banjar yang mukim di Makkah. Dari mereka bersambung kepada Rasulullah Saw,” ungka Buya Arrazy melalui unggahan media sosialnya.

Lebih lanjut Buya Arrazy mengatakan bahwa sorban adalah mahkota ulama.

“Jika dulu orang Arab berkata, “Sorban adalah mahkota bangsa Arab.” Maka kita bolehlah berkata, ” Sorban adalah mahkota ulama.” sebutnya.

Buya Arrazy tidak lupa medo’akan Guru Wildan beserta keluarga.

“Semoga Allah memberkahi Syaikhuna M. Wildan dan guru-gurunya, serta keluarganya. Amiin.” Do’anya tulus.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.