,

Tarik Minat Wisatawan ke Kalsel, Perbanyak Event Berskala Nasional

by -6890 Views
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Bersama Menteri Pariwisata, Arif Yahya Menyaksikan Atraksi Hadra di Hari Jadi Provinsi Kalsel / foto: humas kalsel

Menpar mengatakan Kalsel memiliki ragam potensi atraksi baik alam, budaya, serta buatan. Namun sayangnya berbagai destinasi wisata tersebut masih kurang dikenal.

“Saya kemarin ke puncak Mandiangin yang sangat indah, tapi kurangnya satu, hanya sedikit yang tahu tentang tempat ini. Inilah tugas anak-anak muda mempromosikan destinasi wisata secara digital,” pesan Menpar.

Selain mengusulkan agar Kalsel memperbanyak event tingkat nasional, Menpar kembali menekankan pentingnya mempunyai destinasi unggulan tingkat dunia. Menurutnya, Pegunungan Meratus layak untuk didaftarkan pada UNESCO Global Geopark (UGG) dan menjadi destinasi unggulan internasional dari Kalsel.

Menpar juga menyarankan agar Kalsel segera memilki bandara internasional. “Kalsel sebaiknya segera mempunyai bandara internasional, karena 60 persen wisman lebih memilih penerbangan langsung,” jelas Menpar.

Terkait SDM pariwisata, Menpar berharap para generasi muda Kalsel bisa menjadi profesional yang memiliki kemampuan di bidang pariwisata. Untuk itu, Kemenpar sepenuhnya mendukung prodi Pariwisata di berbagai perguruan tinggi di Kalsel.

“Kemenpar akan memberi dukungan dengan menyediakan kurikulum internasional bagi prodi pariwisata dan setiap lulusannya harus disertifikasi tingkat ASEAN,” ujar Menpar.

Gubernur Kalimatan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan, pariwisata menjadi salah satu sektor yang akan terus ditingkatkan. “Hasil pembangunan ekonomi Kalsel tumbuh positif dengan berkurangnya angka kemiskinan dan tumbuhnya sektor pariwisata,” jelas Sahbirin Noor.

Menurutnya dibutuhkan sinergisitas antara lembaga pemerintah dan lapisan masyarakat agar pembangunan Kalsel bisa terus berlanjut.

Sementara dari segi aksesibilitas, pemerintah Kalsel sedang mengupayakan peningkatan status bandara Syamsudin Noor menjadi bandara internasional.

“Pada Oktober 2019, pengembangan Bandara Syamsudin Noor akan selesai dan semoga bisa menjadi salah satu bandara internasional di Indonesia,” ujar Sahbirin Noor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.