,

Pasar Terapung Ikon Kalimantan Selatan 2: Mengapung di Tengah Kota

by -3855 Views
Objek Wisata Pasar Terapung di Kalsel (dok: bingkaibnua)

Apresiasi saya berikan kepada pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Banjarmasin yang terus berupaya melestarikan pasar terapung, dan lebih memasyarakatkannya.

Pasar terapung pada mulanya merupakan sebuah “pasar induk” bagi para pedagang dari berbagai pelosok untuk menjual dagangannya dengan skala besar atau bersifat penjual partai.

Tak ayal pasar ini sudah mulai sepi di pagi hari, karena dagangan mereka sudah habis terjual atau dibeli oleh pedangan eceran.

Masyarakat yang ingin menikmati wisata ini akan gigit jari jika tidak datang sebelum subuh, karena dagangan para pedangan sudah mulai habis dan beranjak pulang.

Sadar akan minat masyarakat dengan kondisi kurang memungkinkan datang sebelum subuh, pemerintah berupaya memasyarakatkan pasar terapung.

Dengan dukungan sungai yang membentang di tengah kota, ditambah dengan pepohonan yang rindang di pinggirnya, dimanfaatkan sebagai sarana pasar terapung di tengah kota, tepatnya di Jl. Piere Tendean atau di pinggir siring Piere Tendean.

Mulanya pasar terapung ada di Kuin Banjarmasin dan Lok Baintan Kab. Banjar, hingga sekarangpun masih ada dan inilah pasar terapung yang original. Hee

Beragam kegiatan diadakan untuk menarik minat masyarakat, seperti hiburan musik daerah dan modern seperti dangdut, serta sesekali mendatangkan artis ibu kota.

Tidak itu saja, lokasi sekitar terus dikembangkan dan ditata sedemikian rupa. Kurang lebih satu tahun, kawasan ini terus berkembang dengan menyajikan bergam keindahan dan kemerihan pasar terapung. Namuan pasar terapung ini hanya dapat ditemui di hari minggu saja.

Selain pasar terapung yang terletak di pinggiran kota yang menjadi objek wisata utama, daerah ini juga diramaikan oleh pedagang-pedangan kaki lima yang menjajakan beragam dagangan, baik itu souvenir maupun beragam kuliner.

Pasar Terapung Banjarmasin

 

Berikut keramaian pasar terapung dan siring Piere Tendean Klik Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.