Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Musthofa Mengadakan Acara Wisuda Madrasah Aliyah

by -872 Views
Para Wisudawan dan Wisudawati melaksanakan Khatmul Qur’an
Para Wisudawan dan Wisudawati melaksanakan Khatmul Qur’an

Pada hari Ahad, 30 Juli 2023 Pondok Pesantren Tahfizd Nurul Musthofa Tanjung Tabalong telah melaksanakan wisuda Madrasah Aliyah Tahfidz Nurul Musthofa TP.2022/2023, sekaligus Khatmul Qur’an dan Tasyakuran. Wisuda ini dihadiri oleh Pengasuh, Direktur, perwakilah dari Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, pengawas Madrasah Aliyah dan seluruh dewan asatidz, guru serta orang tua santri. Peserta wisuda kali ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari 15 santri putra dan 25 santri putri.

Dalam sambutannya, Direktur Pondok Pesantren Tahfizd Nurul Musthofa Tanjung Tabalong KH. Harmain Iberahim menyampaikan bahwa dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” Sedangkan dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang sedikit berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” Oleh karenanya kita sebagai santri dituntut untuk mengajarkan Al-Qur’an dan ilmu lain melalui sebuah program pengabdian selama satu tahun.

 

Selanjutnya, sambutan dari Kementerian Agama Kabupaten Tabalong yang diwakili oleh Kasi Pontren Ust, Irfan Wahyuni. Dalam sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tabalong karena tidak bisa berhadir dalam kegiatan wisuda kali ini. Kemudian Ust. Irfan menyampaikan bahwa Alquran merupakan mukjizat terbesar Rasulullah yang bisa kita lihat sampai saat ini dan akan tetap terus abadi sampai akhir zaman nanti.

Allah SAW telah berjanji di dalam Alquran bahwa Alquran ini kemurniannya akan tetap terus terjaga, ”sesungguhnya kamilah yang menurunkan Alquran dan kami juga yang menjaganya”,  salah satu cara Allah menjaga kemurnian Alquran itu adalah dengan menciptakan jutaan penghafal Alquran maka berbahagialah Bapak Ibu yang anak-anaknya ini dilibatkan Allah dalam menjaga kemurnian Alquran.

Selain itu, Ust Irfan juga menekankan agar santri-santri mengabdi untuk mendapatkan keberkahan ilmu, karena salah satu kaidah yang biasa dipakai dalam pondok pesantren adalah “ilmu didapatkan dengan belajar dan berkah ilmu itu didapatkan dengan mengabdi dan ridha dari seorang syeikh (Guru)”. Oleh sebab itu maka mengabdilah agar mendapatkan keberkahan Ilmu dan keridhoan dari seorang guru.

Selanjutnya nasehat yang disampaikan oleh pengasuh Pondok Pesantren Tahfizd Nurul Musthofa Tanjung Tabalong KH. Ahmad Sanusi Iberahim memberikan nasehat tentang keutamaan bagi orang yang menghafal al-Qur’an. Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari.

kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim).

Dalam proses menuntut ilmu dan menghafal al-Qur’an tentunya memerlukan kesabaran. Setelah bersabar dalam menuntut ilmu, mampu melalui rintangan dan cobaan dalam menuntut ilmu, sabar dalam menghafal Al-Qur’an, sabar dalam belajar kitab, sabar dalam menjalani segala ujian. Maka kemudian Allah berfiran dalam Al-Qur’an:

سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِۗ

Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu. Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu. (QS. Ar-Ra’d: 24)

Inilah ganjaran bagi kita yang selalu berdabar dalam menghadapi ujian dan cobaan, Syurga lah yang telah Allah janjikan bagi kita yang terus berusaha dalam kesabaran, keikhlasan dan ketaqwaan. (AF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *