Aturan Modifikasi Motor yang Sesuai Dengan Peraturan

by -538 Views

Modifikasi motor sudah menjadi satu hal yang sebenarnya boleh dilakukan oleh siapa saja. Tapi, saat ingin modifikasi motor Anda tidak boleh sembarangan karena ada peraturan yang diberlakukan. Modifikasi motor aman kena tilang harus Anda ketahui supaya bisa dengan nyaman menggunakan kendaraan roda dua kesayangan untuk sehari-hari. Maka daripada itu, kamu harus tahu aturan dalam memodifikasi motor ini.

Kenapa harus memahami aturan dari modifikasi motor? Pertama supaya kamu tidak kena tilang, mengingat jika motor tidak sesuai standar bisa dikenai denda sampai 24 juta. Tentu saja, hal ini harus Anda hindari sehingga mengetahui aturan modifikasi sangat penting sekali. Berikut adalah beberapa aturan terkait motor modifikasi yang harus Anda ketahui:

1. Tidak Boleh Mengubah Rangka dari Motor

Peraturan pertama adalah Anda dilarang mengubah rangka motor secara besar-besaran, termasuk mengubah dimensinya. Hal ini karena setiap rangka motor memiliki nomor registrasi yang terdaftar. Ketika nomor registrasi di cek ternyata sangat berbeda dengan bentuk asli, maka Anda bisa kena tilang saat itu juga.

2. Tidak Boleh Mengubah Kapasitas Mesin Motor

Bagi pecinta kendaraan roda dua, bore up atau mengubah kapasitas mesin motor adalah hal yang biasa dilakukan. Tujuannya adalah motor bisa melaju lebih cepat, tapi sayangnya bore up ini sangatlah dilarang. Jadi, pastikan Anda tidak melakukan bore up motor supaya tidak kena tilang.

3. Ganti Knalpot yang Terlalu Bising

Ini adalah pelanggaran yang kerap terjadi di jalanan. Dimana banyak sekali biker yang mengganti knalpot dengan suara yang sangat bising. Ada alasan kenapa knalpot bising tidak diizinkan, yaitu bisa mengganggu ketenangan saat berkendara dan bisa jadi berbahaya. Maka daripada itu, lebih baik mengganti knalpot yang tingkat bisingnya masih diizinkan.

4. Mengganti Suara Klakson

Mengganti suara klakson juga tidak diizinkan ketika Anda memodifikasi motor. Alasannya sama dengan knalpot, dimana suara klakson telah diatur demi keselamatan berkendara. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak mengubah sama sekali suara klakson ini saat modifikasi motor kesayangan.

Dari semua peraturan yang telah disebutkan, sudah terlihat jelas bahwa sebenarnya modifikasi motor diperbolehkan asal tidak mengubah apa yang tercantum dalam surat kendaraan. Jika ada yang berbeda, sudah pasti akan kena tilang dan lebih parah kena denda. Jadi, sangat penting sekali untuk Anda perhatikan saat modif motor sesuai aturan agar tidak terjadi masalah di masa depan.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi terkait dengan modifikasi motor atau motor custom, maka Anda bisa menjadi anggota di Suryanation. Komunitas ini sendiri selalu membagikan informasi terkini terkait dengan dunia motor yang sudah pasti akan berguna. Apalagi jika Anda memang mencintai motor, sudah pasti Suryanation wadah yang tepat menyalurkan hobi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *