,

Bupati Banjar Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat di Desa Tambak Danau

by -851 Views
Bupati Banjar H Saidi Mansyur Meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat di Desa Tambak Danau /foto: DKISP Kab. Banjar

bingkaibanua.com MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) H Ahmadi dan Camat Astambul Ahmad Fauzi, lakukan pemotongan untaian melati sebagai tanda diresmikannya Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Tunas Harapan di Desa Tambak Danau, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, Selasa (14/2/2023) pagi.

Saidi Mansyur mengatakan, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan wilayah, pemerintah bersama masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan, telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), beserta sarana pendukungnya untuk mendukung potensi pertanian di desa.

Melihat situasi cuaca tidak menentu saat ini, ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap genangan air dan kebakaran.

“Dengan dukungan penuh dinas terkait tentunya kedepan dapat menghadirkan kembali LPM-LPM lainnya, agar bisa menggali potensi-potensi pertaniannya,” ungkapnya.

Sementara Kepala DKPP Banjar H Ahmadi menyampaikan, fungsi LPM adalah untuk mengelola stok pada saat musim panen raya atau paceklik.

Selain itu juga mengantisipasi gejolak harga pangan akibat bencana alam atau bencana sosial, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan usaha ekonomi produktif.

“Pembangunan LPM Desa Tambak Danau ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 dan berharap Gapoktan Tunas Harapan agar dapat memanfaatkan LPM tersebut, untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat setempat,” imbuhnya.

Bupati Banjar juga meninjau fasilitas pendukung LPM tersebut, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan LPM dan Lantai Jemur Dana APBD tahun 2022 di Desa Handil Purai Kecamatan Beruntung Baru, kepada Ketua Poktan Semangat Baru dan bantuan pengisian LPM dana APBD kepada Gapoktan Sepakat Harakat Mandiri Desa Danau Salak Kecamatan Astambul sebesar Rp 50 Juta, sebagai penerima manfaat DAK bidang pertanian tahun anggaran 2021.(adv/bjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.