Yuk, Cicipi 5 Hidangan Sayur Daerah Khas Indonesia yang Lezat

by -215 Views

 

Indonesia tidak hanya terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah, tetapi juga kulinernya yang lezat. Beragam kuliner khas Indonesia mampu membuat setiap orang terpukau karena rasanya yang tidak ada dua. Banyak jenis masakan Indonesia yang disukai, mulai dari aneka olahan daging, ayam, seafood, hingga masakan sayuran.

Kali ini kami akan membahas tentang masakan sayur khas Indonesia yang terkenal lezat, bahkan hingga ke mancanegara. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah berikut!

Gado-gadoGado-gado - Wikipedia

Gado-gado berasal dari Betawi dan kerap menjadi makanan yang disukai para wisatawan mancanegara. Makanan ini bisa dikatakan sebagai saladnya Indonesia. Isinya memang sayuran semua, seperti kentang, tempe, labu siam, jagung, toge, bayam, kacang panjang, kol, dan tahu. Semua sayuran rebus tersebut (kecuali tempe dan tahu) disiram dengan kuah kacang yang bisa diatur tingkat kepedasannya. Bahan lain yang tidak termasuk ke dalam sayur-sayuran adalah telur rebus dibelah dua.

Karedok 

Resep Karedok Sunda Sedap Tiada Tara - Food Fimela.com

Makanan yang berasal dari tanah Sunda ini memiliki tampilan yang mirip dengan gado-gado. Hanya saja untuk sayur-sayurannya tidak direbus atau dikukus, melainkan disajikan mentah. Biasanya karedok menggunakan sayuran berupa kacang panjang, toge, kol, daun kemangi, dan terong bulat yang berwarna hijau. Sayuran mentah tersebut disiram dengan bumbu kacang yang diberi kencur dan sedikit terasi. Rasanya lebih segar dan tidak terlalu membuat perut penuh. Makanan ini cocok untuk wisatawan asing yang memilih makanan vegan dan raw food.

Sayur besanIntip 4 Fakta Menarik Sayur Besan Beserta Resepnya yang Gurih & Lezat

Makanan makanan khas Jakarta ini sebetulnya sudah sulit dijumpai, lantaran bahannya jarang ada di pasaran. Dinamakan sayur besan karena biasanya sayur ini dijadikan hantaran saat pernikahan Betawi. Sayur besan berbentuk mirip sayur lodeh karena menggunakan santan. Isinya ada soun, pete, kentang, ebi, dan yang paling penting adalah terubuk. Terubuk adalah bunga tebu yang wajib hadir di sayur besan. Nah, sayangnya terubuk ini sulit didapatkan, maka kini sayur besan pun sangat jarang ada yang membuatnya.

Plecing kangkungResep Pembaca: Resep Plecing Kangkung Khas Lombok yang Segar Pedas Nendang

Kuliner yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari kangkung yang direbus sampai matang dan disajikan dengan bumbu sambal terasi. Supaya makin nikmat, di atasnya ditabur kacang tanah goreng untuk memberi tekstur renyah. Biasanya plecing kangkung ini dinikmati bersama dengan ayam taliwang dan nasi putih hangat. Rasanya pedas tapi juga segar.

Sayur asem

Resep Sayur Asem, Cocok untuk Makan Siang di Rumah

Rumah Indonesia mana yang tidak pernah membuat sayur asem? Hampir semua rumah di Indonesia pasti pernah menyajikan menu sayur asem. Sayur ini terdiri dari jagung, kacang panjang, daun so, melinjo, kacang tanah, dan labu. Isinya yang sederhana tersebut dilengkapi dengan kuah bercitarasa asam dari buah asem atau tamarin. Di Indonesia terdapat dua jenis sayur asem, yakni ala Sunda dan Betawi. Bedanya di sayur asem ala Sunda memiliki warna yang kekuningan dengan rasa yang lebih pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *