,

Sambut Perhelatan Akbar MTQ Nasional Ke-29, Pemprov Kalsel Canagkan Program Merdeka Sampah

by -75 Views

bingkaibanua.com Banjarbaru – Tidak lama lagi, perhelatan akbar MTQ Nasional ke-29 akan diselenggarakan.

Sebagai tuan rumah, Provinsi Kalsel terus berbenah mempersiapkan diri, untuk menyambut para kafilah yang dari datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu persiapan yang dilakukan Pemprov Kalsel adalah membersihakan sampah di sepanjang jalan protokol menuju ibu kota provinsi Kalsel, melalui program “Merdeka Sampah”.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor secara resmi memimpin kick off “Merdeka Sampah” di sepanjang jalan Protokol menuju ibukota Provinsi Kalsel, Jum’at (27/5) di Halaman Kantor Satpas Ditlantas Polda Kalsel.

Dikatakan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, program merdeka sampah ini, dapat membangkitkan semangat dan kepedulian, akan pentingnya lingkungan yang sehat, bersih, serta sebagai upaya bersama, untuk mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dalam waktu dekat, kita akan menyambut event akabar MTQ tingkat nasional, maka kita harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, termasuk membersihakan sampah di sepanjang jalan protokol,” sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, program “Merdeka Sampah” ini, selain sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah sampah yang ada dijalan protokol, juga sebagai persiapan untuk menyambut event akbar MTQ Tingkat Nasional di Kalsel.

“Ini sebagai persiapan untuk event Nasional Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kalsel, dimana banua kita akan kedatangan Kafilah-kafilah dari seluruh wilayah di Indonesia,” ungkap Hanifah.

Ditambahkan Hanifah, dengan adanya Program Merdeka Sampah di Jalan Protokol Menuju Ibu Kota Provinsi, diharapkan jalanan di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, akan bersih terbebas dari sampah, terlebih saat pelaksanaan MTQ Nasional pada Oktober mendatang.

Kegiatan kick-off Merdeka Sampah ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari jajaran TNI, Polri, ASN Pemprov Kalsel, serta jajaran DLH dari Kabupaten Banjar, DLH Kota Banjarbaru, dan DLH Kota Banjarmasin.

Program merdeka sampah yang membersihakan sampah di sepanjang jalan protokol menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, juga diikuti oleh pelajar, dan berbagai organisasi kemasyarakatan.(admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.