,

Mengintip Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) Kalsel yang Jadi Rujukan Pembangun Forest City IKN Nusantara

by -245 Views

bingkaibanua.com – Keberadaan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) di Kalsel menjadi rujukan atau role model pembangunan forest city di IKN Nusantara.

Hal tersebut diungkapakan Menteri LHK Siti Nurbaya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan, pada Kamis (24/3/2022).

TH2TI Kalsel menjadi salah satu referensi dalam upaya untuk mengembalikan hutan hujan tropis di Indonesia, melalui konsep forest city, khususnya yang akan diterapkan di IKN.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak para Dekan Fakultas Kehutanan se-Indonesia, untuk melihat langsung TH2TI Kalsel yang berada di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

TH2TI Kalsel yang diresmikan Presiden RI pada Sabtu, 8 Februari 2020 lalu, memiliki luas 86,85 hektar.

Kawasan TH2TI Kalsel dibagi menjadi empat blok, dimana tanaman inti di blok I yaitu pohon rimba campuran dan HHBK, Blok II pohon Ulin, Blok III pohon Meranti, dan Blok IV pohon Mahoni.

Saat ini, areal tersebut telah didominasi oleh tanaman sengon dan jabon sebagai peneduh tanaman inti.

Sekarang, sarana dan prasarana yang menunjang TH2TI Kalsel juga sudah memadai, seperti persemaian permanen, sistem administrasi penanaman pohon, gazebo, kantor informasi pariwisata dan sarana pendukung lainnya.

Ketua Forum Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi Kehutanan Indonesia (FOReTIKA) Naresworo Nugroho, sekaligus Dekan Fahutan IPB, mengungkapkan dari kunjungan ini pihaknya ikut mempelajari banyak hal.

Dari segi akademis, dirinya menyampaikan FOReTIKA khususnya Universitas Lambung Mangkurat dapat turut berkontribusi terhadap pengembangan areal ini melalui kegiatan Tridharma kampus.

“Kawasan ini juga bisa digunakan oleh masyarakat untuk sarana edukasi, forest healing, dan wisata. Keberadaan areal ini juga bisa menjadi contoh komitmen dari Pemda Kalsel untuk diadopsi oleh Pemda lainnya,” katanya.

Di kawasan TH2TI Kalsel juga ada Hutan Pers yang berisikan Taman Spesies Endemik Indonesia. Hutan Pers ini diresmikan pada saat momen peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2020 di Kalsel.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.