Pelantikan PW PRIMA DMI Kalsel & Seminar Nasional Kemakmuran Masjid

by -124 Views

Banjarmasin, 17 Mei 2024 — Pelantikan Pengurus Wilayah (PW) PRIMA Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Selatan disertai dengan Seminar Nasional bertema “Inovasi Pengelolaan Masjid di Era Digital” sukses dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai, Kantor Walikota Banjarmasin. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting yang memberikan kontribusi dalam kemakmuran masjid dan pengembangan remaja masjid di era digital.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Budi Rahmat Hakim, MHI, yang mewakili DMI Kalsel. Beliau menekankan pentingnya memakmurkan masjid melalui ummat dan peran serta masyarakat dalam mendukung program-program yang ada.

Kemudian, Munawar Khalil, S.IP, Ketua Umum PP PRIMA DMI, menyampaikan pesan tentang revitalisasi organisasi remaja masjid. Beliau menggarisbawahi bahwa remaja masjid harus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi untuk tetap relevan dan mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat.

H. Abdul Hafiz, M.Pd.I, Ketua PW PRIMA DMI Kalimantan Selatan, dalam sambutannya menekankan pentingnya digitalisasi masjid di era Society 5.0. “Dengan digitalisasi, kita bisa mengoptimalkan pengelolaan masjid dan menjadikannya lebih efisien serta dapat menjangkau lebih banyak jamaah,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Walikota Banjarmasin yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kerjasama dan Investasi, H. Iwan Fitriadi, SH, MH. Dalam sambutannya, H. Iwan Fitriadi menyampaikan dukungan penuh dari pemerintah kota untuk upaya digitalisasi dan inovasi dalam pengelolaan masjid.

Selain itu, Drs. H. Irhamsyah Safari dari DMI Kalsel, H. Burhan Noor, MM dari Kemenag Kota Banjarmasin, Habib Ali Khaidir Al Kaff dari MUI Kota Banjarmasin, dan Fathurahman, S.Pd.I dari PCNU Kota Banjarmasin turut hadir dan memberikan dukungan serta pandangan mereka mengenai pentingnya inovasi dalam pengelolaan masjid.

Seminar Nasional yang menjadi bagian dari acara ini mengangkat tema “Inovasi Pengelolaan Masjid di Era Digital”. Para pembicara membahas berbagai inovasi dan strategi untuk memakmurkan masjid dengan memanfaatkan teknologi digital. Diskusi yang produktif ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para pengurus masjid dan remaja masjid dalam mengelola kegiatan dan program-program mereka.

Acara yang berlangsung dari pukul 13.30 WITA hingga selesai ini dihadiri oleh banyak peserta yang antusias. Para peserta mendapat banyak manfaat dari seminar dan pelantikan ini, terutama dalam hal pemahaman tentang pengelolaan masjid yang lebih modern dan efisien.

Pelantikan PW PRIMA DMI Kalsel ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi seluruh pengurus dan remaja masjid untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam memakmurkan masjid serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *