Ketahui Ukuran Standar Kusen Pintu Rumah yang Ideal

by -778 Views

Di zaman sekarang, kita sangat dimudahkan dalam mencari kayu, peralatan, atau bahan dalam pembuatan pintu berbahan kayu karena banyaknya bahan dan pembuatan pintu yang berbahan kayu, serta jenis bahan kayu yang beragam, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dibutuhkan. Selain itu, ukuran kusen pintu dan jendela kayu juga bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan pada rumah, namun biasanya memiliki ukuran standar yang dilakukan oleh para pekerja atau pembuat pintu kayu dan jendela kayu.

Saat ini terdapat berbagai macam ukuran kusen pintu yang dapat digunakan untuk interior rumah kita. Kusen tersebut merupakan bagian dari frame untuk pintu dan jendela yang pada umumnya terbuat dari kayu, dan fungsi utama dari kusen adalah memberikan nilai estetik yang lebih menarik untuk sebuah bangunan, terutama rumah atau hunian. Setiap jenis kusen memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan ukuran daun pintu yang digunakan, sehingga perlu diperhatikan dengan teliti agar penggunaan kusen tersebut dapat terlihat indah.

Mengetahui dan memahami ukuran kusen dengan baik dan benar adalah suatu informasi yang standar yang perlu diketahui sebelum menentukan model dan materialnya. Pintu merupakan bagian dari rumah yang paling penting karena digunakan sebagai tempat masuk dan keluar para penghuni rumah. Agar dapat terlihat bagus dan berfungsi dengan baik, kusen harus dibuat dengan menyesuaikan ukuran dan jenis dari ruangan tersebut.

Berikut adalah beberapa informasi jenis dan ukuran kusen yang standar untuk dibuat:

  • Ukuran kusen pada pintu utama biasanya sebesar 6 cm pada setiap sisi, dan jika dipadukan dengan ukuran jendela yang digunakan maka ukuran menjadi 12 cm.
  • Ukuran utama pada pintu 1 daun dan 2 daun, biasanya 6 cm untuk setiap sisi jika ukuran daun pintu sebesar 80 x 210 cm. Namun, ukuran tersebut harus disesuaikan dengan desain hunian yang digunakan. Sedangkan untuk 2 daun pintu, ukurannya sekitar 60 x 200 cm untuk setiap sisinya.

Penggunaan kusen atau bahan jenis dalam penggunaan yang dijadikan pintu maupun jendela pada rumah maupun hunian memang berbeda-beda, seperti ukuran pintu aluminium, pintu geser, pintu lipat, pintu yang menggunakan rel sliding, pintu untuk garasi, dan ukuran pintu kamar mandi maupun WC. Setiap bahan tentunya menentukan ukuran yang berbeda, sama halnya dengan merek dan bahan yang berbeda, seperti Citra Kayon yang merupakan perusahaan kayu yang bergerak pada usaha manufaktur kayu yang menyediakan pintu kayu dan lantai dari kayu, dan menyediakan dua jenis kayu untuk digunakan dan dipilih oleh konsumen, yaitu kayu jati dan merbau, yang banyak ditemukan di wilayah-wilayah yang banyak pepohonannya.

Demikian artikel tentang ukuran kayu kusen pintu dan jendela yang bisa kami tulis, semoga bermanfaat.

Response (1)

  1. Wow, incredible weblog structure! How long have you
    ever been blogging for? you make running a blog glance easy.
    The whole look of your website is great, let alone the content!
    You can see similar: e-commerce and here dobry sklep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *