, ,

Peringatan 1 Abad NU Di Kalsel Diramaikan Pawai 5 Ribu Santri Bersama Paman Birin

by -1307 Views
Kirab Pawai Ta'aruf Ribuan Santri Ramaikan Peringatan 1 Abad NU di Kalsel /foto: adpim kalsel

bingkaibanua.com BANJAR – Suasana berbeda disuguhkan Kalsel dalam memperingati satu abad Nahdlatul Ulama, Sabtu (18/2/2023).

Peringatan 1 Abad NU di Kalsel diawali dengan pawai ta’aruf bersama ribuan santri dan alim ulama, yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Kirab bersama santri dimulai pukul 08.00 WITA, dari Madrasah Darussalam Tanjung Rema -Jl. A. Yani – Jl. RO Ulin Loktabat Selatan- Jl. Trikora- Gunung Kupang- Alam Roh 20 dan finish di Kiram Park.

Paman Birin juga mengutarakan kebahagianya karena dapat bersama-sama para santri melakukan Kirab.

“Ulun sangat senang sekali hari ini, panjangnya 4 kilometer, bersama-sama keluarga besar Aswaja Kalimantan Selatan,” katanya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Memimpin Kirab Santri Pada Peringatan 1 Abad NU di Kalsel /foto: adpim kalsel

Lebih lanjut Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, peringatan ini untuk menghargai pendirian Nahdlatul Ulama yang telah berkotribusi besar terhadap Republik Indonesia.

“Kegiatan kita ini adalah untuk menghargai para pendiri, penggagas Nahdlatul Ulama, JAS MERAH, jangan pernah melupakan sejarah,” sebut Paman Birin.

Menurut Paman Birin, keberadaan Nahdatul Ulama telah mewarnai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga apa yang kita peringati hari ini menjadi pembelajaran, sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama itu telah mewarnai berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Disampaikan Paman Birin, berdirinya NKRI tidak bisa dipisahkan dari peran Ulama.

“350 tahun kita dijajah, hingga pada tahun 1945, Indonesia merdeka, itu tidak terlepas dari peran Ustad, Kiyai yang berjuang dalam memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga menyampaikan bahwa Rasulullah ada sebaik baiknya manusia untuk diteladani.

“Siapakah pemimpin yang terbaik di dunia ini dia adalah Rasulullah, karena jika mengikuti Rasullullah, insyallah akan selamat di dunia dan di akhirat,” katanya.

Peringatan Satu Abad NU di Kiram Park selain dihadiri ribuan santri, juga hadiri Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al Qur’an Martapura KH. Muhammad Wildan Salman, Pimpinan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) seperti Kapolda, Danlanal, Danlanud. Tampak hadIr juga alim ulama, habaib serta pimpinan instansi vertikal di Kalsel. (rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.