, ,

Tumpah Ruah Jemaah Pada Haul Ke-18 Abah Guru Sekumpul

by -1323 Views
Tumpah Ruah Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-18 /foto: donny sophandi/adpim kalsel

bingkaibanua.com MARTAPURA – Peringatan haul ke-18 KH Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) benar-benar menjadi obat kerinduan jemaah, setelah ditiadakan secara terbuka akibat adanya pandemi Covid-19.

Tumpah ruah jemaah pun tidak bisa dihindarkan. Sejak pagi hari para jemaah sudah memadati kawasan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (29/1/2023).

Jemaah benar-benar tumpah ruah bak lautan manusia, memadati Musala Ar-Raudhah, rumah penduduk, masjid, langgar, teras kios, jalan hingga gang sempit sekalipun.

Tidak hanya itu, para jemaah juga memadati lokasi haul yang dibuka di Q Mall Banjarbaru. Serta kepadatan jemaah juga terjadi hingga bundaran simpang 4 Banjarbaru.

Peringatan haul yang dipimpin Guru Sa’duddin usai salat magrib berjemaah tersebut, diisi dengan pembacaan maulid habsyi dengan syair Khobbiri dan Nurul Mustofa.

Kegiatan yang dihadiri para habaib dan ulama tersebut ditutup dengan zikir dan doa.

Maman (56) warga Kapuas Kalimantan Tengah, mengaku bersyukur masih bisa mengikuti haulan tahun ini.

“Sudah lama saya dan keluarga menunggu haul ini, Alhamdulillah kesampaian meskipun saya datang telat, ngga bisa masuk lebih dekat dengan musala Ar-Raudhah,” ujarnya.

Peringatan haul kali diamankan sekitar 4.000 petugas TNI/Polri dan ribuan relawan.(md-rsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.