,

Produk UMKM Banjar Dipasarkan di Ritel Modern dan Marketplace mamaline.id

by -973 Views
Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati

bingkaibanua.com MARTAPURA – Selain peluang tenaga kerja, keberadaan ritel modern di Kabupaten Banjar juga memberikan peningkatan usaha kepada sektor UMKM.

Saat ini Alfamart telah melakukan 100 persen kerjasama sistem “Beli Putus” (barang atau produk yang dibeli ritel modern dari UMKM langsung dibayar). Sementara Indomaret, telah melaksanakan sebagian atau beberapa kerjasama dengan sistem pembelian ini dengan pelaku UMKM.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati, sebagaimana dikutip di laman Radio Suara Banjar, Jumat (13/01/2023) pagi.

Menurutnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar sangat memperhatikan sektor UMKM, dan pihaknya juga telah memberikan sosialisasi terkait kerjasama UMKM tersebut, agar produknya bisa masuk ke ritel modern, dengan catatan produk yang masuk sesuai dengan syarat dan standar yang berlaku.

“DKUMPP selalu memfasiltasi UMKM di Kabupaten Banjar, baik pelatihan kemasan, design serta packaging sesuai kriteria, agar produk yang dipasarkan bisa dijual di ritel modern,”

Selain kerjasama dengan ritel modern, DKUMPP juga memajukan sektor UMKM melalui aplikasi mamaline.id, yaitu promosi produk secara online.

Made menambahkan, DKUMPP melalui 5 bidangnya masing-masing, Bidang Usaha Mikro, Koperasi, Perdagangan, Kemetrologian dan Bina Usaha serta Bidang Perindustrian melakukan beberapa kegiatan, diantaranya membina UMKM dan melaksanakan layanan tera ulang.

Kemudian koperasi sebagai penguatan modal usaha UMKM, melaksanakan program “Kurma Manis” yang memberikan fasilitas kredit tanpa bunga, untuk meningkatkan permodalan UMKM.

”Untuk menekan angka inflasi, kami juga melaksanakan pasar murah untuk masyarakat umum di 20 kecamatan, dengan total 75 kali pelaksanaan,” pungkasnya.(adv/bjr)

Responses (2)

  1. Wow, wonderful weblog format! How long have you been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The overall look of your website is wonderful, let alone
    the content material! You can see similar here sklep online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.