Apa Kado Istimewa Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel?

by -428 Views
Desain Tugu Nol Kilometer Kalsel / Foto: Istimewa

bingkaibanua.com – Momen perayaan Hari Jadi Kalsel yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus, selalu dinanti oleh masyarakat Kalsel atau yang sering disebut Warga Banua.

Selain berbagai hiburan dan pesta rakyat, Warga Banua juga menantikan apakah yang akan menjadi kado istimewa di Hari Jadi Provinsi Kalsel.

Di tahun 2022 ini, Kalsel berusia 72 tahun. Rencananya, puncak peringatan hari jadi ke-72 Kalsel, akan dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Tema dan Logo Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel

Sebelumnya, dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti berbagai lomba, hiburan, pameran, dan atraksi lainnya, yang dipusatkan di Siring Nol Kilometer Banjarmasin.

Adapun yang akan menjadi kado istimewa di Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel Tahun 2022, adalah pembangunan Tugu Nol Kilometer, yang disebut-sebut sebagai “Monas” nya Kalsel.

Dikutip dari banjarmasinpost.co.id, peletakan batu pertama pembangunan Tugu Nol Kilometer akan dilakukan di momen Hari Jadi Ke-72 Provinsi Kalsel.

Disebutkan, pembangunan Tugu Nol Kilometer Kalsel seperti tower, dengan tinggi 66,6 meter, yang terdiri dari 5 lantai.

Tugu atau tower ini nantinya akan disebut Tugu Kalsel Nol Kilometer.

Tugu Kalsel Nol Kilometer akan dibangun dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama berupa pelatakan batu pertama atau pondasi, dan landscape area sekitar.

Baca Juga: Twibbon Hari Jadi Kalsel 2022

Dari area landscape tersebut, akan ada areal bagi UMKM lokal banua. Selanjutnya, tahap 2 berupa tower dan lantai yang akan dibangun di tahun 2023.

Selain Tugu Kalsel Nol Kilometer, Pemprov Kalsel juga akan membangun Masjid besar di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Kayapa kadonya Warga Banua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.