Data Analyst Adalah? Yuk Kita Lihat Informasinya

by -332 Views

Akhir-akhir ini kita tidak asing dengan kata data analyst, yang lebih membuat kita penasaran lagi yaitu menurut yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) yaitu merupakan pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2025. Pada daftar pekerjaan tersebut, salah satunya data analyst adalah pekerjaan yang menempati peringkat satu sebagai pekerjaan paling bersinar nantinya. Hal ini diperkuat dengan selalu dibutuhkannya data analyst sebab dengan data, penentuan kebijakan perusahaan akan lebih matang.

Nah bicara mengenai pekerjaan dari Data Analyst maka berikut ini tugas yang diberikan Ketika Anda menjadi data analyst tersebut

Tugas Data Analyst

Seorang data analyst merupakan orang yang meneliti informasi dengan memakai alat analisis data. Hasil memiliki makna bahwa data yang mereka ambil dari data mentah bisa membantu pemberi kerja atau klien mereka untuk membuat keputusan penting dengan mengidentifikasi berbagai fakta dan tren.

Mengenai Data analyst sendiri biasanya memakai berbagai program serta aplikasi pengolahan dalam pekerjaan sehari-harinya contohnya seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL. Untuk tugas khas mereka yang bekerja pada bidang ini yaitu meliputi:

  • Sudah memakai model terkomputerisasi yang canggih digunakan dalam mengekstrak data yang dibutuhkan
  • Untuk menghapus data yang rusak
  • Digunakan untuk melakukan analisis awal yang berguna untuk menilai kualitas data
  • Berguna untuk melakukan analisis lebih lanjut berguna untuk menentukan makna data
  • Untuk melakukan analisis akhir dalam menyediakan penyaringan data tambahan
  • Untuk menyiapkan laporan berdasarkan analisis serta digunakan untuk menyajikan kepada manajemen

Untuk seseorang yang bekerja sebagai data anlalyst tersebut biasanya banyak kita temukan ada pada sector yang banyak dibutuhkan yaitu seperti: perbankan, Perusahaan pengembangan perangkat lunak, Perusahaan telekomunikasi, Organisasi sektor publik, kemudian Perguruan tinggi dan universitas, Perusahaan farmasi dan Perusahaan di bidang manufaktur.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasannya data analyst dibutuhkan juga pada banyak sektor lainnya.

Beberapa Jenis Analisa Yang Diolah Data Analyst
Setidaknya dalam hal ini ada sebanyak 4 jenis analisa paling umum yang saling membangun digunakan untuk memberikan peningkatan nilai bagi organisasi; biasanya yaitu menjadi santapan sehari-hari bagi seseorang data analyst ini. Empat jenis analisa tersebut merupakan deskriptif, diagnostik, prediktif dan preskriptif.

Analitik deskriptif
Ini memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan mengenai apa yang terjadi pada masa lalu, contohnya yaitu pendapatan bulanan, penjualan triwlanan, lalu lintas situs web tahunan dsb. Dengan jenis temuan ini maka akan sangat memungkinkan organisasi untuk melihat tren.

Analitik diagnostik
Ini memiliki fungsi untuk mempertimbangkan mengenai, mengapa sesuatu hal terjadi yaitu dengan membandingkan kumpulan data deskriptif ini berguna untuk melakukan identifikasi dependensi dan poa. Data analisis tersebut bisa membantu organisasi menentukan penyebab hasil positif atau negatif.

Analisis prediktif
Tujuan dari analisis yang satu ini yaitu untuk berusaha dalam menentukan kemungkinan hasil dengan cara mendeteksi kecenderungan pada analisis deskriptif dan diagnostisk. Dengan adanya data tersebut maka tentu saja akan memungkinkan organisasi dalam mengambil Tindakan proaktif yaitu seperti menjangkau pelanggan yang kemungkinan tidak akan memperpanjang kontrak.

Analitik preskriptif
Ini merupakan data analisis yang mencoba melakukan identifikasi tindakan bisnis apa yang harus diambil. Walaupun jenis dari Analisa tersebut memberikan nilai yang signifikan untuk kemampuan dalam mengatasi masalah potensial atau tetap yang berada di tren industry. Analisis tesebut sering kali membutuhkan penggunaan algoritme yang kompleks serta teknologi canggih seperti pembelajaran mesin.

BRITECH merupakan salah satu yang menerapkan ini, nah untuk Anda yang kini mencari informasi terkait data analyst maka informasi diatas tentunya bisa membantu Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.