Sampah Plastik Bisa Diolah Jadi BBM

by -947 Views

Banjarmasin – Inovasi luar biasa dilakukan oleh Guru dan Siswa SMKN 5 Banjarmasin dalam pemanfaatan dan pengelolaan sampah plastik.
Siswa SMKN 5 Banjarmasin Mempraktekkan Pengolahan Limbah Plastik Menjadi BBM (foto: Barito Post)
Guru dan Siswa SMKN 5 Banjarmasin berhasil membuat inovasi berupa mesin pengolah sampah plastik jadi Bahan Bakar Minyak (BBM).
Sebagaimana diungkapkan Syahrir, Kepala Sekolah SMKN 5 Banjarmasin sebanyak 10 kilogram plastik kresek apabila diproses melalui pembkaran yang sempurna maka akan didapatkan 1 liter premium, 1,5 liter minyak tanah dan 6 liter solar.
Dirinya mengatakan, mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM ini  dapat membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan BBM.
“Kita mengetahui saat ini masyarakat sulit mendapatkan BBM sehingga dengan adanya alat ini dapat menjawab sebagaian keresahan masyarakat,” katanya.
Ditambahkan Syahrir, mengatakainovasi ini berdasarkan Instruksi Presiden No 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK.
“Kami membantu pemerintah daerah dalam mengurangi sampah plastik, plastik memerlukan waktu yang lama untuk terurai, untuk itu kami membuat mesin sederhana yang bisa mengubah sampah plastik kresek menjadi BBM seperti premium, minyak tanah dan solar,” tambahnya.
Dirinya berharap inovasi-inovasi yang sudah dilakukan pada saat ini mendapat dukungan lebih  dari Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota. “Jika ada instruksi dari Bapak Gubernur untuk di setiap Kabupaten Kota ada produk kita ini, maka akan kita buatkan, secara otomatis itu dukungan dan berkembangnya produk kita,” ucapnya. (syh/rr/bingkaibanua).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *