Berbagai Jenis Durian Akan Ramaikan Kontes Durian di Biih

by -1331 Views

Besok, tanggal 11 Januari 2018 akan dilaksanakan kontes durian se Kabupaten Banjar di Desa Biih Kecamatan Karang Intan. Berbagai jenis durian akan mengikuti kontes ini, yang diharapkan dapat menghasilkan jenis atau varietas yang dapat menjadi unggulan nasional.


Kontes yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, akan diikuti oleh berbagai jenis durian, antara lain, Si Penyangat, Si Pengantin, Si Amas, Si Jukung, Si Taruna, ataupun Si Cupikan.

Selain itu juga ada si Japang, si Dodol, dan si Hijau, si Waluh, si Mentega, serta ada juga durian-durian terbaik seperti Si Lakatan dan si manis dari Pengaron, si Gangsing, Si Arjuna, si Unyil dari Pengaron.

Selain menggelar kontes durian, desa Biih juga rencananya akan diresmikan sebagai Agrowisata Durian Biih, yang rencananya akan diresmikan oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman. Dalam 2 bulan terakhir, Desa Biih ramai dikunjungi orang karena di sana telah dibuka Wisata Pasar Durian Biih.

Dengan kontes durian dan diresmikannya agrowisata durian Biih, dapat menjadi daya tarik bagi Kalimantan Selatan. Karena Kalsel menyimpan banyak kekayaan alam yang bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakatnya. Salah satunya adalah buah durian.

Di Kalimantan Selatan terdapat banyak sekali variasi buah durian, dengan ratusan nama. Tanaman durian bisa ditemui di hampir semua wilayah Kalimantan Selatan. Salah satu Daerah yang merupakan sentra buah durian adalah Kabupaten Banjar. Ada 6 kecamatan di Kabupaten Banjar yang memiliki variasi dan populasi terbanyak, yaitu Kecamatan Karang Intan, Simpang Empat, Sambung Makmur, Sungai Pinang, Astambul dan Mataraman.

Dalam kontes durian ini, para peserta akan merebutkan hadiah dengan total Rp25 juta. Durian-durian yang akan mengikuti kontes akan dinilai berdasarkan ukuran, rasa, ketebalan, warna, dan tekstur buahnya.(rr/bingkaibanua).

Baca Juga:

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *