Terima Anugerah Kihajar 2017, Bukti Paman Birin Peduli Pendidikan

by -508 Views

Gubernur Kalsel saat Menerima Penghargaan Sebagai Tokoh Peduli Pendidikan oleh ULM Banjarmasin
Gubernur Kalsel saat Menerima Penghargaan Sebagai Tokoh Peduli Pendidikan oleh ULM Banjarmasin 
Jakarta  –  Gubernur Kalimantan Selatan,  H Sahbirin Noor,  menerima Anugerah Kihajar  2017,  Kategori Khusus yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  Republik Indonesia , di Jakarta,  Kamis (16/11/2017) malam.
Penghargaan Kihajar atau Kita Harus Belajar ini diberikan kepada Paman Birin dan kepada kepala daerah lainnya, merupakan bukti nyata dari kepala daerah atas komitmen tinggi serta peduli dalam  memberikan dukungan nyata bagi penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan. 
Penghargaan Kihajar 2017 kepada  Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor,  diserahkan langsung Mendikbud Muhadjir Effendy bersama enam gubernur lain yang juga menerima penghargaan tertinggi di bidang pendidikan itu.     
Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel, red) sendiri,  pada malam itu tidak bisa berhadir karena pada saat bersamaan sedang melaksanakan tugas ke luar daerah.  Ia diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Gusti Yanuar Noor Rifai,  Kadisdik HM Yusuf Effendi dan  Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pemprov Kalsel, Dr Hj Ratna Rosana MPd. 
“Saya sangat berterima kasih atas penghargaan ini.  Prestasi nasional ini milik semua insan pendidikan beserta  stake holder terkait.  Kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah,  terutama dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi di lembaga pendidikan,” ucap Paman Birin, saat diminta tanggapan. 
Anugerah Kihajar 2017,  lanjutnya, diharapkan akan menjadi ruh untuk semakin memberikan semangat kuat bagi insan pendidikan agar  terus berkarya  dan berinovasi sesuai kompetensi dan  keahlian di miliki.
Pria kelahiran 12 November 1967 ini,  menambahkan,  Anugerah Kihajar sangat selaras dengan visi dan misi Kalsel di bidang pendidikan,  yakni mewujudkan Kalsel Cerdas melalui peningkatan mutu pendidikan di daerah.
Proses seleksi untuk mendapatkan penghargaan ini sendiri cukup ketat. Setiap daerah harus melewati sejumlah seleksi. Mulai dari proses pendaftaran dan pelengkapan berkas hingga penilaian yang dilakukan Oktober hingga awal November 2017. 
Tim juri yang menilai terdiri dari praktisi  TIK, akademisi perwakilan media, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta internal dari Kemendikbud.   
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, H M Yusuf Effendi, mengatakan keberhasilan Paman Birin meraih anugerah ini tidak lepas dari kepedulian dan komitmen beliau  terhadap pengembangan TIK.
Dipaparkan,  ada empat hal yang menjadikan Paman Birin berhasil meraih Anugerah Kihajar 2017 ini,  yaitu keberpihakan anggaran,  arah kebijakan, pengembangan, dan implementasi dari TIK dalam dunia pendidikan di Kalsel. 
Kadisdik  berharap dengan diraihnya Anugerah Kihajar 2017  oleh Paman Birin dapat menjadi semangat bagi insan pendidikan dan pemangku kepentingan, untuk terus berkomitmen dalam memajukan dunia pendidikan di Kalsel.(rr/cvsp/humas kalsel/bb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *