Film Pangeran Antasari Edukasi Sejarah Banua (Kerajaan Banjar)

by -731 Views

Pangeran Antasari. (foto: id.wikipedia.org)
Banjarmasin –  Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, mengatakan,  pembuatan Film Pangeran Antasari adalah sebuah film edukasi sejarah penting bagi seluruh warga Kalimantan Selatan, terutama para generasi muda agar menguatkan kembali memori pengetahuan tentang perjuangan masa lalu.
Menurutnya, film Pangeran Antasari ini mengingatkan kembali  tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan di Banua sehingga bisa dicontoh generasi muda. Ini merupakan hasil yang diharapkan dari penggarapan film perjuangan Pangeran Antasari dan para pejuang  lainnya.
“Film Pangeran Antasari sengaja tidak dikomersilkan. Sepenuhnya akan menjadi tontonan edukasi bagi masyarakat Kalsel. Yang penting film Pangeran Antasari bisa selesai tepat waktu dan masyarakat bisa menonton serta mencontoh nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme perlawanan menentang kolonialisme,”  harap gubernur.
Pembuatan film Pangeran Antasari ini merupakan upaya nyata dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus melestarikan nilai-nilai semangat perjuangan pahlawan nasional,  khususnya dari daerah sendiri. Salah satu upaya itu adalah dengan memproduksi film perjuangan Pangeran Antasari.
Penggarapan film semi kolosal berlatar belakang Perang Banjar berjudul Pangeran Antasari telah memasuki tahap penggambaran (shooting).  Adegan awal yang menjadi objek kamera berada di rumah Guru Ahmadi, Dalam Pagar RT 01 Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar.
Film yang disutradarai Irwan Siregar ini akan memerankan sekitar 50 orang pemain. Film Pangeran Antasari digarap oleh PT Cahaya Kristal Media Utama Jakarta. (humas kalsel/bb)

Baca Juga:

Film Pangeran Antasari Siap Tayang dan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *