,

Hadiri Haul Datu Kalampayan Ke-216, Paman Birin Ajak Masyarakat Jadikan Ulama sebagai Panutan dan Teladan

by -2233 Views
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat Menghadiri Haul Datu Kalampayan ke-216 (foto: Adpim Kalsel)

bingkaibanua.com Martapura – Ualam memiliki peranan penting dalam kesuksesan pembangunan di banua, termasuk dalam kesuksesan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat Kalsel, ulama merupakan panutan, guru, bahkan lebih dari itu, ulama mereka anggap sebagai orang tua, sehingga menyebut ulama tersebut dengan sebutan “Abah” seperti Abah Guru Sekumpul.

Di momen peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan yang ke-216, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (Paman Birin), mengajak kepada para jemaah dan masyarakat, agar menjadikan ulama sebagai panutan, teladan, karena mereka merupakan pewaris para Nabi.

“Mari kita jadikan ulama sebagai panutan, sebagai teladan. Guru-guru yang berada dihadapan kita semua, merupakan guru-guru ulun, tempat ulun meminta nasihat, petuah dalam menjalan amanah sebagai Gubernur,” kata Paman Birin.

Baca Juga: Haul Datu Kalampayan Ke-216, Kerinduan yang Terobati

Lebih lanjut Paman Birin mengatakan, haul Datu Kalampayan tahun ini merupakan haul yang ditunggu-tunggu. Karena dalam 2 tahun terakhir, haul tidak dilaksanakan secara terbuka dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Haul yang dapat dilaksanakan tahun ini membuat jemaah mencurahkan kerinduan untuk bersama-sama memperingati wafatnya ulama karismatik Kalimantan, Datu Kalampayan.

Paman Birin juga menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat, yang senantiasa mencintai para Alim Ulama, dengan menghadiri peringatan haulnya, meski tidak pernah menemuinya secara langsung.

“Pelaksanaan peringatan haul Datu Kelampayan yang dihadiri ribuan jemaah, menegaskan bahwa daerah kita, daerah yang religius, dimana masyarakatnya begitu mencintai para Alim Ulama,” sebut Paman Birin.

Puncak peringatan Haul Datu Kalampayan sendiri dipusatkan di Masjid Tuhfaturragibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Sabtu (7/5/2022).(admin)

Response (1)

  1. Pingback: Pemprov Kalsel Gelar Haul Ganal Datu Kalampayan - Bingkai Banua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.