Presiden Jokowi Launching Visi Indonesia 2045 di Musrembangnas 2019 - Bingkai Banua

Thursday, May 9, 2019

Presiden Jokowi Launching Visi Indonesia 2045 di Musrembangnas 2019

Presiden Jokowi Launching Visi Indonesia 2045 di Musrembangnas 2019

Jakarta - Presiden RI, Ir H Joko Widodo membuka secara resmi Musrembangnas 2019 dan penyusunan RKP 2020, selaligus meluncurkan visi Indonesia 2045.

Pembukaan Musrembangnas 2019 dan launching visi Indonesia 2045 ditandai dengan penekanan layar digital oleh Presiden Jokowi yang didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Salah satu visi Indonesia 2045 atau bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka adalah Indonesia mampu masuk dalam 5 besar ekonomi terkuat di dunia.

Presiden Joko Widodo mengungkapan Indonesia mempunyai peluang beasar untuk masuk dalam 5 beasar ekonomi terkuat di dunia.
Presiden Joko Widodo Saat Menyampaikan Arahan Pada Pembukaan Musrembangnas 2019 di Shangri-La Hotel Jakarta

Namun untuk mewujudkan hal tersebut sebut Jokowi, perlu kerja keras dan kemauan yang kuat, serta mengajak kepada seluruh elemen untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi kenadal selama ini.

"Kita memunyai peluang untuk menjadi negara maju dan masuk dalam 5 besar ekonomi terkuat di dunia, namun diperlukan kerja keras dan kemauan yang kuat, serta menyelesaikan permasalahan yang kita hadapai saat ini" ujranya.

Disebutkan Jokowi, permasalah-permasalah tersebut diantaranya, pemerataan infrastruktur. Presiden Jokowi memerintahkan kepada kepala daerah untuk segera mengoneksikan infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat dengan tempat produksi di daerah, kawasan industri, kawasan wisata, industri kecil, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak kemajuan ekonomi.

Kemudian reformasi birokrasi harus betul-betul dilaksanakan, penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan organisasi, penyederhanaan perizinan. Dulu sebut Jokowi, ada 259 kini bisa disedehanakan jafi 58, inipun masih banyak, harus bisa disederhanakan lagi maksimal 5 cukup.

Permasalahan lainnya yang tak kalah penting adalah pembangunan Sumber Daya Manusia. Artinya, mulai sekarang harus ditingkatkan kualitas SDM, baik melalui pendidikan maupun pelatihan kerja.

Sementara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengungkapan Musrembangnas 2019 dan Penyusunan RKP 2020 mengusung tema Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Diseelnggarakannya Musrembangnas 2019 sebagai upaya dalam menyusun RPJMN 2020-2024 sebagai bagian dari Visi Indonesia 2045.

"Ini momentum penting karena akan dilaksanakan dalam  RKP 2020. Ini tahun pertama dari RPJMN 2020-2024," ujarnya.

Ada lima prioritas nasional yang akan dibahas dalam Musrembangnas 2019 ini, yaitu Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan. infrastruktur dan pemerataan. wilayah, nilai tambah sektor riil, indsutrialisasi, dan kesempatan kerja. Kemudian ketahanan pangan, airi, energi, dan lingkungan hidup. Serta stabilitas pertahanan dan keamanan.(rny/rr/bingkaibanua).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved