Pemprov Kalsel Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut - Bingkai Banua

Wednesday, May 22, 2019

Pemprov Kalsel Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Pemprov Kalsel Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

BANJARMASIN - Pemprov Kalimantan Selatan berhasil kembali meraih Opini WTP dari BPK RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan. Raihan ini merupakan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya berturut -turut sejak 2013.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI tahun 2018, dilaksanakan pada rapat paripurna istimewa di ruang rapat DPRD Kalsel di Banjarmasin, Selasa (21/5).

Ketua BPK RI Prof Harry Azhar Azis mengatakan, pencapaian opini WTP yang ke enam kalinya bagi Pemprov Kalsel menunjukan komitmen Pemprov beserta jajaran SKPD terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. 

Disampaikan, Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018 disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. 
Penyerahan LHP Oleh Anggota VI BPK RI Prof Harry Azhar Azis
Laporan keuangan terdiri dari 7 laporan yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

"Kami mengapresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka pencapaian target yang telah ditetapkan dalam prioritas pembangunan daerah tahun 2018 dan penerapan SAP berbasis akrual dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah," ucapnya. 

Lebih lanjut Prof Harry Azhar Azis juga mengapresiasi perkembangan kemajuan sektor pembangunan strategis di Kalsel.

Dikatakanya, berdasarkan data dari BPS pertumbuhan ekonomi di Kalsel dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan dengan besaran 4,38 persen, 5,01 persen dan 5,13 persen. 

Tingkat kemiskinan tigas terakhir di tingkat 4,52 persen, 4,70 persen dan 4, 65 persen, dimana tingkat kemiskinan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 lebih rendah dari tingkat kemiskinan nasional sebesar 10,12 persen. 

Tingkat pengangguran dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan dengan besaran yaitu 5,45 persen, 4, 77 persen dan 3, 50 persen. Dimana tingkat pengangguran tahun 2018 lebih rendah dari tingkat pengangguran nasional sebesar 5,01 persen. 

Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalsel dalam tiga tahun terakhir yaitu 70,017; 69,65; 70,71. 

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan syukur atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian secara 6 kali berturut-turut. 

"Alhamdulillah, hari ini kita kembali meraih opini WTP dalam laporan keuangan daerah, WTP itu sangat penting dan sangat berarti, karena mencerminkan tata kelola keuangan daerah yang tertib, rapi dan sesuai dengan aturan," ucap Paman Birin.

Paman Birin mengatakan, raihan ini menjadi motivasi seluruh jajaran Pemprov Kalsel untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan. 

"Jika ada rekomendasi segera tindak lanjuti, cermati jangan sampai terabaikan, demi tercapainya tatakelola keuangan daerah yang lebih baik dan berkualitas," ucapnya. (syh/bdm/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved