Kalsel Kandidat Ibukota RI, Paman Birin Presentasi di Jakarta - Bingkai Banua

Friday, May 3, 2019

Kalsel Kandidat Ibukota RI, Paman Birin Presentasi di Jakarta

Kalsel Kandidat Ibukota RI, Paman Birin Presentasi di Jakarta

JAKARTA – Pemindahan ibukota Republik Indonesia sekarang ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Teka teki daerah mana yang bakalan mengganti Jakarta pun menjadi perbincangan.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo memberi sinyal ibukota yang dipilih berada di luar Pulau Jawa, kandidat terkuat ada di pulau Kalimantan.

Tentunya hal ini membuat beberapa daerah di Kalimantan masing-masing mengklaim wilayahnya paling cocok menjadi ibukota negara.

Kalsel pun disebut-sebut menjadi kandidat Ibukota RI, di samping Panajam (Kaltim), dan Palangka Raya (Kalteng).
Peta Kalsel on Google Map
Tak bertepuk sebelah tangan, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Jumat 3 Mei 2019 diundang Presiden Jokowi ke Jakarta untuk mempresentasikan kelayakan Kalsel menjadi Ibukota RI.

"Jumat esok kita diundang presiden untuk mempresentasikan kesiapan Kalsel menjadi ibukota negara," ucap gubernur yang akrab disapa Paman Birin, Kamis (2/5).

Sebagai "urang banua" dirinya merasa bangga Kalsel menjadi kandidat ibukota republik ini. 

Bicara kelayakan, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi daerah yang disiapkan sebagai Ibukota Negara.

Tanah Bumbu, sebut Paman Birin, wilayah yang baru dan masih mempunyai kawasan tanah yang luas serta masih sangat bisa dikembangkan untuk dijadikan ibukota.

"Tentunya di hadapan presiden kita akan menggambarkan bagaimana kelayakan Kalsel, tepatnya di Kab Tanah Bumbu menjadi Ibukota RI. Coba kita lihat di peta, Tanbu berada tepat di tengah-tengah Indonesia," papar Paman Birin.

Lebih lanjut dikemukakan Paman Birin, dalam sejarah pun, Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Tanah Bumbu yang waktu itu masih berada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Paman Birin tak menampik, kalau nantinya Tanbu terpilih menjadi Ibukota RI, pembangun di Provinsi Kalsel akan maju pesat.

"Tapi yang jelas, Insya Allah Kalsel aman dari berbagai bencana alam, seperti gempa, gunung meletus. Kalsel, Kalian Selamat," jelas Paman Birin.(bdm/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved