Sekda Buka Rakorda UKPBJ di Kalsel - Bingkai Banua

Thursday, April 25, 2019

Sekda Buka Rakorda UKPBJ di Kalsel

Sekda Buka Rakorda UKPBJ di Kalsel


Banjarbaru – Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris yang mewakili Gubernur, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (Rakorda UKPBJ) Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Kalsel, Selasa (23/4) di Gedung Idham Chalid.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur mengungkapkan pentingnya proses pengadaan barang dan jasa, karena berdampak terhadap proses pembangunan, baik secara langsung maupun tidak.

Pengadaan barang/jasa juga merupakan kegiatan yang cukup besar dalam menggunakan keuangan Negara, baik dalam APBN maupun APBD.

“Setiap tahun, miliaran hingga triliunan rupiah, disediakan alokasi anggaran untuk belanja barang/jasa” ujarnya.

Rakorda UKPBJ Prov Kalsel
Dijelaskan Sekda, pengadaan barang/jasa ini memang dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Seperti membangun infrastruktur, membangun pendidikan, kesehatan, pelayanan, dan pembangunan sektor lainnya akan bersentuhan dengan pengadaan barang dan jasa.

“Hampir seluruh kegiatan pemerintah, melibatkan pengadaan barang/jasa” jelasnya.

Pentingnya pengadaan barang/jasa ini, diharapkan Sekda manajemen dan sistemnya semakin baik, kelembagaan yang kuat, termasuk kemampuan SDM para Pejabat Fungsional Pengadaan.

“Dengan manajemen yang baik, sistem yang baik, kelembagaan yang kuat dan bersinergi, serta didukung oleh SDM yang berkualitas, maka pengadaan barang/jasa akan berlangsung secara efektif, efesien, dan akuntabel” harapnya.

Ditambahkan Sekda, Pemprov Kalsel berhasil memperoleh penghargaan untuk kategori peran LPSE secara berturut-turut dari tahun 2014 sampai 2016. Tahun 2018 kembali mendapat penghargaan untuk kategori komitmen penerapan standard dan sudah memenuhi kriteria 17 standar LPSE.

Pemprov Kalsel juga mendapatkan validasi pembentukan UKPBJ oleh Kemendagri dengan skor 900.

Dalam Rakorda UKPBJ ini juga dilaksanakan pelantikan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia Prov Kalsel oleh Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi, Suratmo.

Pengurus Daerah IAPI Kalsel Periode 2019-2022 dipimpin oleh Achmad Sugianto, HS,MT sebagai Ketua, Ir Agung Dewanto,MAP sebagai Wakil Ketua I, Firmansyah,SH sebagai Wakil Ketua II, dan Hanifah Dwi Nirwana,ST MT sebagai Wakil Ketua III.

Sementara Sekretaris dijabat oleh Riswan,SAP,MAP,CCMs, Sugian Noor,SAP,MM Wakil Sekretaris I, dan Sonny Robert D,ST sebagai Wakil Sekretaris II.(rny/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved