Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia Internasional - Bingkai Banua

Wednesday, April 10, 2019

Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia Internasional

Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia Internasional


Wisata Candi Prambanan merupakan salah satu situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO selain Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Budha, sedangkan Candi Prambanan sendiri merupakan candi peninggalan kerajaan Hindu pada masa dinasti Sanjaya dan diperkirakan dibangun pada abad ke 9.

Tapi legenda lain menghubungkan Candi Prambanan dengan legenda Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso menjadi sebuah Candi Prambanan karena mengingkari janjinya. Oleh sebab itu Candi Prambanan juga sering disebut dengan candi sewu atau candi seribu, meski pun jumlah candi di Candi Prambanan hanya berjumlah 240 buah.

Pada legenda Roro Jonggrang diceritakan, seorang pemuda sakti bernama Bandung Bondowoso hendak memperistri seorang putri yang sangat canti yaitu Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang sendiri menolak pinangan dari Bandung Bondowoso, sebab Bandung Bondowoso telah membunuh Ayah dari Roro Jonggrang.

Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia Internasional
Untuk menolak pinangan Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang membuat syarat yang sulit bagi Bandung Bondowoso. Yaitu bersedia dinikasi oleh Bandung Bondowoso asalkan dia dapat membuat seribu candi dalam semalam yang nantinya menjadi wisata Candi Prambanan.

Di luar dugaan Bandung Bondowoso menyanggupi syarat yang cukup sulit ini. Dengan dibantu oleh bangsa jin, Bandung Bondowoso membuat seribu candi dan telah menyelesaikan sebanyak 999 buah candi. Roro Jonggrang yang tidak ingin menikah dengan Bandung Bondowoso akhirnya membuat siasat dengan berupaya membuat ayam berkokok yang menandakan pagi hari sehingga membuat bangsa jin yang membantu Bandung Bondowoso kabur sebelum menyelesaikan candi terakhir.

Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia Internasional
Pesona Candi Prambanan Menjadi Daya Tarik Wisatawan Dunia. (foto: kliknews.today)

Mengetahui siasat licik dari Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso akhirnya mengutuknya menjadi sebuah candi terakhir untuk melengkapi sewu candi permintaan Roro Jonggrang. Nah, itulah cerita rakyat yang berkembang tentang asal muasal Candi Prambanan.

Walau pun sebenarnya menurut bukti yang ada Candi Prambanan merupakan candi persembahan yang dibuat umat Hindu untuk menyembah Dewa Siwa, salah satu dari 3 Dewa utama dalam ajaran agama Hindu yang memiliki sifat penghancur.

Nama asli dari candi ini pun sebenarnya adalah Candi Siwagra yang dalam bahasa sansekerta berarti Rumah Siwa. Di Wisata Candi Prambanan ini tidak hanya memiliki candi utama yaitu Candi Dewa Siwa yang memiliki ukuran 47 meter, yang diapit dua candi dengan tinggi 33 meter yang diberi naman Candi Dewa Brahma dan Candi Dewa Wisnu. Bagaiama? Tertarik mengunjungi wisata Candi Prambanan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved