Paman Birin Lepas Napak Tilas Perjuangan Hasan Basry - Bingkai Banua

Tuesday, April 30, 2019

Paman Birin Lepas Napak Tilas Perjuangan Hasan Basry

Paman Birin Lepas Napak Tilas Perjuangan Hasan Basry

KANDANGAN - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas 125 tim napak tilas Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (29/4) malam.

Gubernur menilai, napak tilas ini merupakan upaya untuk terus melestarikan dan mewariskan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Selain itu, napak tilas ini juga momentum untuk menggali, mengahayati, dan sekaligus upaya menerapkan nilai-nilai perjuangan Brigjen TNI Hasan Basry dalam mempertahankan NKRI. 

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan merupakan sejarah bagi Kalsel. 
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Melepas Peserta Napak Tilas Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan / foto: humas kalsel
"Melalui proklamasi 17 Mei 1949 yang dibacakan dan ditandatangani oleh Brigjen TNI Hasan Basry atas nama rakyat Kalsel, menyatakan Kalsel sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah NKRI," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry mengatakan, Kandangan merupakan adalah kotanya para pejuang yang tanpa pamrih dan itu harus diwarisi masyarakatnya.

Untuk rute napak tilas meliputi Monomen Proklamasi 17 Mei di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung hingga mengunjungi lokasi bersejarah, seperti rumah rapat Brigjen Hasan Basry di Desa Durian Rabung, Tugu Ni'ih, Buper Kantawan, Kecamatan Loksado, Desa Batu Bini (Mandapai) dan Finish di Kandangan. 

Turut hadir dalam pelepasan napak tilas ini Danrem 101 Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin Kolonel (P) Wijayanto. (syh/dev/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved