Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja - Bingkai Banua

Tuesday, April 9, 2019

Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja

Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja


Wisata Sejarah, Kraton Jogja merupakan simbol kejayaan dari kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan juga merupakan detak jantung dari kebudayaan Jawa. Sudah sejak lama Kraton Jogja menjadi pusat kegiatan pemerintahan Kasultanan Jogja yang dipimpin turun temurun oleh keluarganya. Istana yang lebih sering disebut sebagai Kraton Jogja ini pun menjadi tempat tinggal dari Raja Kasultanan Jogja bersama Permaisuri dan keturunannya.

Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja
Tapi menariknya meski dijadikan sebagai pusat pemerintahan serta tempat tinggal bagi keluarga Raja Jogja, Kraton Jogja juga dibuka untuk umum sebagai sebuah tempat wisata.

Kraton Jogja sendiri memiliki keterikatan yang kuat dengan Gunung Merapi, Tugu Yogyakarta dan Pantai Parang Tritis. Banyak yang mengatakan seperti ada simbol mistis yang mengaitkan ke empat pusat yang menjadi lambang Kota ini.

Kraton Jogja dibuka untuk umum setiap hari selain di hari jumat mulai pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang. Di sini pengunjung tidak hanya dapat melihat koleksi dari benda-benda pusaka yang dimiliki oleh Kraton Jogja berupa, lukisan, keramik, batik kuno, gamelan, dan benda-benda yang merupakan milik pribadi Raja dipajang di Wisata Sejarah, Kraton Jogja. 

Selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukan yang diadakan di Kraton Jogja. Seperti, Macapat, Gamelan, Wayang Orang, Wayang Golek Menak, Wayang Kulit, dan Tari Srimpi yang biasanya digelar di Bangsal Manganti. Pertunjukan tersebut biasanya dimulai sejak pukul 10 pagi.

Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja
Jalan ke Wisata Sejarah, Kraton Jogja

Untuk biaya masuknya sendiri cukup terjangkau, yakni berkisar hanya 5 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 15 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Selain pertunjukkan di atas, setiap wage diadakan lomba jemparingan yaitu olahraga panahan tradisional khas Jawa yang dilakukan dengan masih mempertahankan adat Jawa dengan menggunakan alat panah tardisional dan baju khas Jawa. Serta dilakukan dengan duduk.

Selain dapat itu pesona Kraton Jogja sendiri terdapat pada dua buah pohon beringin yang berada di alun-alun Kraton Jogja. Konon, ada mitos yang mengatakan jika seseorang berjalan melewati satu pohon beringin dengan mata tertutup dan dapat sampai di sisi pohon beringin yang satunya, maka segala keinginan yang disebutkan orang tersebut akan menjadi kenyataan. Tertarik untuk mencobanya?

Wisata Sejarah, Kraton Jogja dapat menjadi salah satu pilihan wisata budaya yang akan menambah pengetahuan terhadap budaya dan sejarah yang berada di Indonesia. Khususnya sejarah Pulau Jawa.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved