Gubernur Kalsel Kembali Raih Penghargaan K3 - Bingkai Banua

Thursday, April 25, 2019

Gubernur Kalsel Kembali Raih Penghargaan K3

Gubernur Kalsel Kembali Raih Penghargaan K3


JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kembali meraih penghargaan nasional di bidang ketenagakerjaan.

Paman Birin sapaan akrabnya dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik  Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Ketenagaakerjaan RI.

Penghargaan ini merupakan ketiga kalinya diterima secara berturut-turut  sejak menjabat Gubernur Kalsel.

Penghargaan  diterima Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan  di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (22/4) malam.

Gubernur Kalsel Kembali Raih Penghargaan K3
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat dikonfirmasi terkait penghargaan K3 mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah menganugerahkan penghargaan  nasional atas prestasi kinerja di bidang ketenagakerjaan.

Menurutnya penghargaan tersebut merupakan prestasi bersama antara pemerintah daerah, perusahaan dan seluruh tenaga kerja serta asosiasi pekerja.

"Pemerintah daerah akan terus memfasilitasi dan mendorong peningkatan.keselamatan kesehatan kerja. Untuk itu saya mengingatkan dinas terkai lebih mempertajam program-program ketenagakerjaan, terutama terkait K3 dan kesejahteraan pekerja” pintanya.

Sementara Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan apresiasi atas prestasi Gubernur Kalsel dalam melakukan pembinaan dalam menekan angka kecelakaan kerja serta memperbaiki sistem manajemen kerja di Kalimantan Selatan.  

Dikatakanya, berdasarkan penilaian terhadap perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen K3 dan zero accident, serta perusahaan yang menerapkan program pencegahan hiv/aids di tingkat Provinsi Kalimatan Selatan terus meningkat. Pada tahun ini, terdapat 104 perusahaan, meningkat dari jumlah tahun lalu dengan jumlah 89 perusahaan.

"Dari 104 perusahaan tersebut sebanyak 84 perusahaan telah menerapkan manajemen K3 dan nihil kecelakaan kerja, serta 20 perusahaan yang telah melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS," ucapnya.

Menurutnya, setiap tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan atas keselamatan dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas.

Menuruntya, selama ini Pemprov Kalsel terus melakukan pembinaan terhadap perusahaan tentang K3, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja yang akan terjadi.

Dirinya mengharapkan perusahaan secara sungguh-sungguh memperhatikan dan menerapkan K3 sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan pekerja, mutu kerja dan produktivitasnya. (syh/bdm/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved