4.516 Hektar Target Peremajaan Sawit di Kalsel - Bingkai Banua

Tuesday, April 2, 2019

4.516 Hektar Target Peremajaan Sawit di Kalsel

4.516 Hektar Target Peremajaan Sawit di Kalsel

Banjarbaru - Tahun 2019, Kalsel ditargetkan untuk peremajaan kelapa sawit pekebun seluas 4.516 hektar yang tersebar di 3 kabupaten, yaitu Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.
Perkebunan Sawit / foto: Times Indonesia
Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris,MSi pada saat membuka sosialisasi peremajaan kelapa sawit pekebun, Senin (1/4) di Q Grand Dafam Syari'ah Hotel.

"Secara nasional, target peremajaan kelapa sawit pekebun di tahun 2019 seluas 200 ribu hektar, sementara di Kalsel ditargetkan seluas 4.516 hektar yang yang tersebar di 3 kabupaten, yaitu Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru," sebutnya.

Dijelaskan Sekda, diperlukan kerja keras dari jajaran Dinas Perkebunan dan Peternakan dan pihak terkait, untuk mencapai target tersebut.

Keseriusan untuk mencapai target tersebut juga tidak lepas dari potensi kelapa sawit dimiliki oleh Kalsel. Kelapa Sawit juga menyumbang cukup besar devisa negara.

"Mengingat potensi kelapa sawit di Kalsel dan peran Kelapa Sawit dalam menyumbang devisa negara sangat besar, maka perlu upaya berkesinambungan untuk menjaga dan mengembangkan peran kelapa sawit" jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel, drh Suparmi mengatakan sumber dana untuk peremajaan kelapa sawit pekebun dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Besaran dana yang akan dikeluarkan untuk peremajaan kelapa sawit ini sebesar 25 juta perhektar dan berbentuk dana hibah.

"Besaran dana yang diberikan untuk peremajaan kelapa sawit pekebun adalah 25 juta perhektar, kemudian dikalikan seluas lahan yang ditargetkan, itulah besaran dana yang akan diberikan BPDP-KS," ujarnya.

Suparmi menambahkan, untuk menyelenggarakan peremajaan kelapa sawit pekebun ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Suparmi berharap, daerah lain di Kalsel yang memiliki perkebunan sawit juga dapat mengajukan penyelenggaraan peremajaan kelapa sawit pekebun.

"Untuk menyelenggarakan peremajaan kelapa sawit pekebun ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Saya berharap, daerah lain yang memiliki perkebunan sawit juga dapat mengusulkan untuk menyelenggarakan peremajaan kelapa sawit pekebun" tambahnya.

Adapun luas perkebunan kelapa sawit di Kalsel mencapai  404.231 hektar yang terdiri dari Perusahaan Besar Swasta (PBS) seluas 311.670 hektar, Perkebunan Rakyat sebesar 86.822 Hektar, dan Perkebunan Besar Negara seluas 5.739 hektar. 

Sedangkan dari sisi produksi sebesar  1.325.365 ton dan produktivitas CPO sebesar 3.288 kg per hektar. Sedangkan produktivitas inti sawit mencapai 896,6 kg per hektar pertahun.(rny/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved