Rusa Tutul Istana Bogor Huni Pulau Rusa Riam Kanan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, March 9, 2019

Rusa Tutul Istana Bogor Huni Pulau Rusa Riam Kanan

Rusa Tutul Istana Bogor yang Ada di Pulau Rusa Riam Kanan Kalsel / foto: humas kalsel
Banjar - Sebanyak 7 ekor rusa tutul yang berasal dari Istana Bogor resmi mendiami Pulau Rusa di Kawasan Waduk Riam Kanan, Kec Aranio Kab Banjar Kalsel.

Hadirnya rusa tutul Istana Bogor di Pulau Rusa menambah khazanah objek wisata di Kalsel. 

Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris, MSi mengharapkan semua pihak, khususnya jajaran SKPD Pemprov Kalsel dapat bersama-sama memajukan dan mempromosikan wisata Kalsel.

Dijelaskannya, setiap minggunya ada jajaran SKPD Ptov Kalsel secara bergantian mengunjungi pulau-pulau di Riam Kanan, seperti Pulau Rusa, Pulau Bekantan, maupun Raja Lima.

"Ini sudah ada rusa tutul di Pulau Rusa Riam Kanan, yang biasa kita lihat di Istana Bogor. Saya harapkan jajaran SKPD dapat berkunjung ke sini untuk meramaikan dan mempromosikannya. Kalau bukan kita siapa lagi yang memajukan wisata yang kita miliki" harapanya.

(Baca: Ada Rusa Tutul Istana Bogor Di Hutan Kalsel)

Pulau Rusa Riam Kanan / bingkaibanua
Sementara Kepala Dinas Kehutanan, Dr Hanif Faisol Nurofiq mengatakan pihaknya mendapatkan 7 ekor rusa tutul dari Istana Bogor yang setiap tahunnya dihibahkan ke provinsi-provinsi di Indonesia.

"Semula kita dapat 5 ekor, namun terus diloby akhirnya ditambah dua ekor, jadi 7 ekor sekarang" sebutnya.

Ditambahkan Hanif, tahun depan akan mengajukan kembali untuk menambah rusa tutul Istana Bogor. Dengan luas lahan Pulau Rusa sebesar 4,5 hektar dapat menampung 100 ekor rusa.

"Insyaallah tahun depan kita akan mengajukan permohonan lagi, karena di Pulau Rusa seluas 4,5 hektar dapat menampung 100 ekor rusa tutul" jelasnya.

Rusa Tutul di Pulau Rusa Riam Kanan
Selanjutnya para rombongan juga diajak untuk melihat Pulau Bekantan, disana sudah ada dermaga yang bisa menghubungkan dua pulau Bekantan.

Untuk mencapai lokasi, tidak dibutuhkan waktu yang lama, cukup sekitar 10-15 menit dari dermaga Riam Kanan Aranio dengan menggunakan perahu motor (kelotok).(rny/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad