Pemprov Kalsel Sosialisasikan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Hibah tahun 2019 - Bingkai Banua

Tuesday, March 26, 2019

Pemprov Kalsel Sosialisasikan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Hibah tahun 2019

Pemprov Kalsel Sosialisasikan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Hibah tahun 2019

Kab Banjar - Pemprov Kalsel resmi menggelontorkan dana hibah bagi organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, dan rumah ibadah di tahun 2019.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Menyalami Para Peserta Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Hibah tahun 2019
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan secara simbolis dana hibah kepada penerima dana hibah, pada sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Hibah tahun 2019, Minggu (24/3) di Aula Kiram Park.

Diantara penerima dana hibah dari Pemprov Kalsel adalah Perguruan Tinggi dan lembaga pendidikan lainnya di Kalsel, ormas, dan rumah ibadah di Kalsel.

Tampak hadir menerimabantuan hibah tersebut, Ketua Banznas Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR dan pengurus, juga ada Rektor ULM Sutarto Hadi dan jajaran penerima hibah lainnya.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, mengatakan pengelolaan keuangan daerah termasuk pengelolaan dana hibah ini merupakan amanah reformasi di bidang otonomi daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, aku tabel dan partisipatif.

Pemberian dana hibah ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kalsel kepada organisasi kemasyarakatan dan lembaga pendidikan, rumah ibadah yang terus bersinergi mendukung pemerintahan.

"Kita menyadari bahwa Pembangunan daerah tidak semata-mata hanya menjadi kewajiban pemerintah. Namun pemerintah perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk organisasi-organisasi kemasyarakatan yang bergerak untuk kepentingan luas, " kata Sahbirin Noor.

Dijelaskan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, melalui pemberian dana hibah ini, pemerintah ingin agar penerima dana hibah dapat menggunakan sesuai peruntukan untuk mendukung program-program pembangunan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Lebih lanjut Paman Birin menjelaskan pemberian dana hibah ini telah diatur dalam Peraturan Menteri dalam Negeri no 133 tahun 2018 tentang perubahan keempat atas peraturan menteri dalam negeri no 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian dana hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Peraturan ini mengatur agar evektifitas, efisiensi, dan Akuntabilitas pengelolaan belanja hibah dan bantuan sosial dapat terwujud," kata Paman Birin.

Ditambahkan Paman Birin, Pemprov Kalsel juga telah mengeluarkan peraturan Gubernur Kalimantan Selatan No 0105 Tahun 2018 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

"Saya berharap perseta dalam sosialisasi ini dapat menyimak dengan baik agar tidak terjadi kekeliruan terkait pelaksanaan pelaporan dan monitoring evaluasi atas bantuan hibah ini, sehingga dana hibah ini dapat terarah dan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat, " tambah Paman Birin.(rny/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved