Paman Birin Serahkan 107 Jukung Bagi Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, March 3, 2019

Paman Birin Serahkan 107 Jukung Bagi Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Menyalami Pedagang (Acil) Pasar Terapung Lok Baintan / foto: humas kalsel
Banjar - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan 107 jukung (perahu, red) buat pedagang pasar terapung Lok Baintan Kab Banjar.

Jukung-jukung ini diserahkan Gubernur Kalsel yang diterima oleh 7 Pambakal di Kec Sungai Tabuk secara simbolis di Dermaga Pasar Terapung Lok Baintan, Minggu (3/3).

Dikatakan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, meski kita berada di zaman modern, di era digitalisasi, dan di era Industri 4.0, namun kita tetap harus melestarikan budaya yang dimiliki, yaitu budaya jual beli di sungai yang sudah turun temurun atau yang dikenal Pasar Terapung.

Bantuan jukung dari Pemprov Kalsel melalui Dinas Pariwisata merupakan bentuk komitmen untuk melestarikan budaya dan merevitalisasi pasar terapung yang menjadi ikon Kalsel.
Jukung yang Diberikan Dinas Pariwisata prov Kalsel Bagi Pedagang Pasar Terapung / foto: bingkaibanua.com
Diceritakan Paman Birin, pernah ditanya oleh Presiden Jokowi, wisata apa di Kalsel yang terkenal, sontak saja dijawab Paman Birin, Pasar Terapung.

"Pa Gub, ujar Presiden Jokowi, apa wisata yang terkenal di Kalsel, langsung saja saya jawab Pasar Terapung" ujarnya yang disambut tepuk tangan oleh para pedagang Pasar Terapung.

Paman Birin berharap, bantuan jukung ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat melestarikan budaya dan memajukan pasar terapung, serta dapat mendongkrak perekonomian para pedagang.
Senada dengan Paman Birin, Kepala Dinas Pariwisata Prov Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan bantuan ini merupakan upaya revitalisasi pasar terapung sehingga dapat terus lestari dan berkembang.

Jukung-jukung dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pasar Terapung.

"Jukung yang diberikan sama halnya dengan jukung-jukung pedagang pasar terapung, namun dicat biar bagus, kemudian ada ditambah atap buat bernaung pedagang di dalamnya" ujarnya.

Selain memberikan bantuan jukung, pihaknya juga terus melakukan upaya pembinaan kepada para pedagang sehingga dapat menambah daya tarik para pengunjung.

"Kita juga terus memberikan pembinaan, bagaimana mereka dapat dengan ramah melayani para pengunjung, tidak memaksa untuk membeli, kemudian mereka juga diajari berpantun" tambahnya.(rny/rr/bingkaibanua).

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad