Millennial Road Safety Festival 2019 di Kalsel Meriah - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, March 17, 2019

Millennial Road Safety Festival 2019 di Kalsel Meriah

Banjarbaru – Gelaran Millennial Road Safety Festival 2019 di Kalsel berlangsung sangat meriah.
Suasana Millennial Road Safety Festival 2019 di Kalsel
Puluhan ribu generasi millennial Kalsel menghadiri dan memadati kawasan car free day Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Minggu (17/3).

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang hadir dalam gelaran ini mengaku bangga atas antusias millennial banua untuk mengikuti kampanye keselamatan berlalu lintas bagi kalanganan millennial.

"Saya sangat bangga dengan kalian generasi millennial, karena kalian adalah generasi penurus bangsa dan banua" ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyambut baik terselenggaranya acara millennial road safety festival ini yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran para generasi muda, agar membudayakan tertib berlalu lintas.

"Dari sekian banyak korban kecelakaan lalu lintas adalah kalangan millennial. Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Dimana kita telah banyak kehilangan generasi-generasi muda potensial yang diharapkan untuk membangun bangsa ini" Ujarnya.

Hasil penelitian WHO – PBB menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas adalah urutan ke-5 penyebab jumlah manusia meninggal dunia setelah jantung coroner, paru, diabetes dan TBC.

Menurut data nasional Korlantas Polri, kecelakaan lalu lintas mulai tahun 2014 sampai dengan 2018 (5 tahun terakhir) tercatat 139.772 jiwa korban meninggal dunia akibat kejadian kecelakaan lalu lintas.

Artinya sebanyak 76 jiwa meninggal setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas. Dari total jumlah korban jiwa tersebut, sebanyak 78.272 jiwa (56 persen) adalah usia muda atau mereka yang masih masuk dalam kategori generasi millenial, yakni antara umur 17 sampai dengan 35 tahun. Itu data secara nasional.

Di Kalsel sendiri, dari tahun 2014 sampai dengan 2018, sebanyak 2.357 jiwa meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, dimana 1 hingga 2 orang meninggal dunia setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas.

Dari total jumlah korban meninggal dunia tersebut sebanyak 1.579 jiwa (67 persen) adalah mereka yang masuk dalam kategori generasi millenial.

Ditegaskan Paman Birin Kesadaran tertib berlalu lintas harus dimulai dari diri kita sendiri. Kalau kita tertib berlalu lintas maka keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas akan terwujud dengan sendirinya.

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota Forkopimda Kalsel, Kapolda Kalsel beserta jajaran, Kepala SKPD lingkup prov Kalsel. Serta dimeriahkan oleh Band Radja dan Isyana Sarasvati. (dev/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad