Wagub Paparkan Potensi Bursa Efek Kalsel - Bingkai Banua

Wednesday, February 20, 2019

Wagub Paparkan Potensi Bursa Efek Kalsel

Wagub Paparkan Potensi Bursa Efek Kalsel

BANJARBARU - Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan memaparkan potensi kinerja insdustri Pasar Modal di Kalimantan Selatan, posisi Desember 2018, dalam sebuah forum resmi dihelat Indonesia Stock Exchange (IDX), di Gedung Bursa Efek Jakarta, Jumat (15/2).

Dalam paparannya di depan para pelaku usaha pasar modal nasional, Rudy Resnawan menjelaskan nilai kepemilikan saham di Provinsi Kalsel sebesar Rp39,53 triliun. Berdasarkan data SID Total, jumlah investor di Kalsel sebanyak 14.263 investor.

Data ini meningkat 67,94 persen secara yoy. “Peningkatan jumlah investor di Kalsel merupakan yang tertinggi kedua di regional Kalimantan setelah Kalimantan Tengah” terangnya.  

Presentasi investor di Kalsel terhadap seluruh investor di regional Kalimantan adalah sebesar 22,73 persen.

Sedang total transaksi saham di Kalsel dalam satu tahun terakhir sebesar Rp3,26 triliun dengan rata-rata transaksi per bulan Rp271, 56 miliar /bulan.

Masih dipaparkan Rudy Resnawan, total transaksi reksa dana di Kalsel dalam 1 tahun terakhir sebesar Rp1, 77 triliun  dengan rata-rata transaksi per bulan  Rp 151, 60 miliar /bulan.

Di Kalsel terdapat beberapa jaringan kantor pasar modal antara lain 1 Kpw BEI, 7 perusahaan efek, 1 manager investasi  dan 26 APERD.

Wagub Kalsel ini mengaku tertarik dengan obligasi daerah. Lantaran dengan adanya obligasi daerah bisa mendapatkan sumber pendanaan yang baru untuk melakukan pembangunan.

"Kita sudah berbincang-bincang dengan Pak Direktur BEI maupun dengan OJK yang memberikan gambaran tentang obligasi daerah sebagai sumber pendanaan untuk pembangunan daerah ini sangat menarik sekali" ujarnya.

Namun, dirinya belum bisa memastikan kemungkinan Pemprov Kalsel akan menerbitkan obligasi daerah. Sebab, harus mempelajari terlebih dahulu.

"Ini saya diundang pertama untuk melakukan pembukaan perdagangan. Tadi sudah bincang-bincang dengan Pak Dirut, sangat banyak dapat masukan dari beliau, untuk bagaimana memggunakan obligasi daerah," tambahnya.(bdm/humaskalsel/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved