Kalsel Masa Depan Pertanian Indonesia - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, February 26, 2019

Kalsel Masa Depan Pertanian Indonesia

TANAH LAUT - Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengungkapkan  optimisnya terhadap masa depan pertanian di Kalsel.
Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman Bersama Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (foto:istimewa)
Mentan Andi Amran dengan tegas mengatakan masa depan pertanian Indonesia ada di Kalimantan Selatan.

Optimisme itu diutarakannya  saat melakukan   panen padi di Desa Tambak Sarinah Kec. Kurau Kab Tanah Laut.

"Masa depan pangan Indonesia ada di  Kalimantan Selatan. Kalsel masa depan Indonesia" ujar Amran di depan para petani.

Dalam kunjungan kerja Mentan didampingi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan  Bupati Tanah Laut, Sukamta, Mentan juga turut memanen jagung hibrida di Desa Tajau Pacah.

"Tadi kita baru saja panen jagung yang ditanam di sela-sela tanaman sawit, selanjutnya jagung di sela-sela tanaman karet, dan sekarang kita memanen padi. Ini sangat luar biasa" tegasnya.
Gubernur H Sahbirin Noor tidak bisa menyimpan rasa bangga dan syukurnya  melihat keberhasilan pertanian di Kalsel.

Diungkapkannya, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras para petani dan sinergitas yang terus terjalin antar pemerintah pusat dengan daerah serta dengan jajaran TNI.

"Ini adalah bentuk nyata dari perhatian pemerintah pusat kepada kita, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian, krpada Pak Presiden Jokowi, kita do'akan semoga Pak Presiden kita sukses terus membangun Indonesia" ujarnya.

Tren positif terus diperlihatkan sektor pertanian Kalsel, dimana ptoduksi padi setiap tahunnya tetus meningkat jingga sekarang lebih dari 2,4 juta ton gabah kering giling. Hasil ini menempatkan Kalsel pada  nomor 10 dari 12 provinsi penyangga beras nasional.

Menurut rilis data yang diberikan Dinas TPH Prov Kalsel, luas panen jagung tahin 2018 sebesar 82.481,5 ha, ptoduksi jagung fi tahun 2018 sebesar 402.860 ton dengan rata-rata ptoduktivitas 48,84 ku/ha.

Perkiraan luas panen jagung Prov Kalsel Januari-April 2019 sebesar 71.433 ha dengan perkiraan ptoduksi sebesar 340.592 ton.
Untuk di bilan Februari 2019 diperkirakan luas panen jagung mencapai 14.134 ha dengan produksi mencapai 67.645 ton.

Dari luas panen jagung di Prov Kalsel pada Februari 2019, luas panen jagung di Kab Tala sebesar 2.441 ha dengan rata-rata produktivitas 6 ton/ha.

Sementara potensi produksi jagung Kab Tala pada bulan Februari 2019 sebesar 14.646 ton atau 3,63% dari total produksi jagung Prov Kalsel sebesar 14.646 to yang tersebar di 13 Kab/kota. (rny/bdm/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad