Paman Birin Ingin Lestarikan Bela Diri Kuntaw - Bingkai Banua

Saturday, June 1, 2019

Paman Birin Ingin Lestarikan Bela Diri Kuntaw

Paman Birin Ingin Lestarikan Bela Diri Kuntaw

GAMBUT - Lantunan salawat menyambut kedatangan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor beserta rombongan di Langgar Darul Aman, Desa Guntung Ujung, Rabu (29/5) dini hari.

Kedatangan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini dalam rangka lanjutan Safari Dakwah dan Sahur bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

Paman Birin juga disambut dengan seni bela diri kuntaw atau pencak silat. Kemudian Paman Birin diusung atau digotong memasuki Langgar Darul Aman.

Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Pemprov Kalsel itu mengungkapkan rasa senang dan bahagia bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat Desa Guntung Ujung, terlebih di Bulan Suci Ramadan.
Paman Birin Diusung / foto: humas kalsel
Paman Birin mengaku sangat terkesan dengan penyambutan warga saat dirinya tiba di lokasi sahur. Di mana warga menghiburnya dengan aksi seni bela diri kuntaw.

Menurutnya, pencak silat atau kuntaw penting untuk dilestarikan. Pasalnya seni bela diri ini adalah warisan orangtua tempo dulu sebagai simbol pentingnya kita untuk berhati-hati atau waspada untuk menjaga diri.

Selain itu, kedatangan dalam Dakwah dan Sahur sebut Paman Birin merupakan salah satu media untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Kedatangan ulun dalam dakwah dan sahur ini, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjalin silaturrahmi dengan masyarakat sekaligus menyerap aspirasi secara langsung" ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga menyampaikan hikmah dari puasa yang dijalankan dalam bulan suci Ramadan, terutama hikmah puasa dari segi kesehatan.

Hikmah lainnya adalah dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Sejumlah tokoh masyarakat Desa Guntung Ujung mengucapkan terima kasih atas kesediaan gubernur dan jajaran berkenan hadir bersilaturahmi dengan warga Desa Guntung Ujung sekaligus bersahur bersama.

Diutarakan, kehadiran gubernur di tengah  masyarakat untuk bersilaturahmi merupakan salah satu bukti kepedulian beliau terhadap masyarakat.

Sementara itu, Ustad Ahmad Sofyan dalam tausiahnya mengatakan, puasa itu sehat dan menyehatkan.

Selain itu, beliau juga mengungkapkan keutamaan-keutamaan lain dari puas dan bulan suci Ramadan, terutama dilipatgandalannya amal ibadah dan amal shaleh.

Sebelum meninggalkan lokasi, Paman Birin bersama Staf Khusus Rizal Akbar memperlihatkan kemampuan bela diri pencak silat atau main kentaw.(rny/bdm/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved