Paman Birin Ajak Masyarakat Bayar Zakat Ke Baznas - Bingkai Banua

Friday, May 24, 2019

Paman Birin Ajak Masyarakat Bayar Zakat Ke Baznas

Paman Birin Ajak Masyarakat Bayar Zakat Ke Baznas

Banjarbaru, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris,MSi menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membayarkan zakat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prov Kalsel.

“Sebagaimana himbauan pa Gubernur, bahwa kita dianjurkan untuk membayar zakat, infaq, atau shadaqah melalui Baznas Prov Kalsel”ujar Sekda usai menyalurkan zakat ke Baznas Prov Kalsel, Kamis (23/5) di Gedung Idham Chalid.

Sekdaprov Abdul Haris mengapresiasi penerimaan zakat, infak dan sedekah (ZIS) oleh Baznas Prov Kalsel dari kalangan aparatur sipil negara (ASN).

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Baznas Prov Kalsel ini, yang melakukan penerimaan zakat dengan mendatangi para wajib zakat, terutama di kalangan ASN Pemprov Kalsel” ujarnya.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor / foto : humas kalsel
Dalam kesempatan ini, Sekda Abdul Haris membayarkan zakatnya pribadinya ke Baznas Prov Kalsel, kemudian diikuti oleh para Kepala SKPD Lingkup Prov Kalsel, pejabat structural, dan ASN lingkup Prov Kalsel.

Selain itu, Kapolda Kalsel dan salah satu Komisaris Bank Kalsel juga menyalurkan zakat pribadinya kepada Baznas Prov Kalsel.

Ketua Baznas Kalsel, HG P Rusdi Effendi AR mengatakan pada 2015 pengumpulan zakat hingga Rp 850 juta, di 2016 zakat yang diterima Rp 1,1 miliar, dan di 2017 naik menjadi Rp 2,8 miliar, sementara di 2018 pengumpulan zakat mencapai Rp 4, 3 miliar.

"Untuk Tahun 2019 Ini Baznas menargetkan penerimaan sebesar Rp 6 miliar. Saat ini hingga Mei sudah terkumpul Rp 4,6 miliar atau sudah 77,78 persen dari target 2019 ini," kata dia.

Dalam pengelolaan zakat di Baznas, pada tahun 2018, penyerapannya atau pendistribusianya sudah Rp 4,2 miliar atau sebesar Rp 96,75 persen.

Hasil dari pengumpulan zakat di 2019 ini akan disalurkan sesuai program kerja atau rencana kerja 2019.

Di antaranya, pertama program ekonomi Kalsel Sejahtera, Program Kesehatan atau Kalsel sehat, Program Pendidikan atau Kalsel cerdas, Program Dakwah atau Advokasi Kalsel Religius, Program Kemanusiaan atau Kalsel Peduli.

"Harapan kami program yang sudah berjalan maupun yang belum dilaksanakan, dapat maksimal kedepannya," harapnya.

Ditambahkan Rusdi, ke depan penerimaan zakat dapat terus meningkat. Potensi ini ada, terlebih penghimpunan zakat, infaq dan sedekah, dari Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui UPZ-UPZ yang terbentuk.

"Saat ini sudah ada 26 UPZ yang sudah terbentuk, sehingga masih ada 14 SKPD lagi yang belum membentuk UPZ, itupun masih belum maksimal pengumpulannya. Mudah-mudahan dalam tahun ini semua SKPD sudah dapat membentuk UPZ nya masing-masing," harap Rusdi Effendi.(rny/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved