Indeks SPBE Pemprov Kalsel Baik - Bingkai Banua

Thursday, April 11, 2019

Indeks SPBE Pemprov Kalsel Baik

Indeks SPBE Pemprov Kalsel Baik

Banjarmasin - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) resmi merilis hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  (SPBE) Tahun 2018.
Kepla Dinas Kominfo Prov Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifa'i pada Bimtek Aplikasi LAPOR Versi 3.0 di Prov Kalsel / foto: humas kalsel

Pemprov Kalsel berhasil meraih nilai indeks SPBE sebesar 3,05 dan masuk dalam kategori baik.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kominfo Prov Kalsel, Drs Gusti Yanuar Noor Rifa'i,MSi pada Bimbingan Teknis Aplikasi LAPOT Versi 3.0 Prov Kalsel, Kamis (11/4) di Hotel Rattan Inn.

"Berdasarkan rilis dari Kemenpan RB, indeks SPBE Kalsel sebesar 3,05 dan masuk dalam kategori baik" ujarnya.

Capaian nilai indeks SPBE kalau dirangking antar provinsi, Kalsel menduduki peringkat 6. Untuk 3 besar nilai Indeks SPBE kategori pemerintah provinsi, ditempati oleh Pemprov Jateng di peringkat pertama, kemudian disusul Pemprov D.I.Y, dan Pemprov Jabar diperingkat ketiga.

"Dengan nilai ini, Pemprov Kalsel berada diperingkat 6 dari 34 provinsi di Indonesia" jelasnya.

SPBE atau e-government di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sementara  Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, Noorhalis Majid dalam mengatakan layanan publik yang baik harus ada ruang untuk komplain bagi masyatakat, dan sistem Lapor ini sudah mencakupi hal tersebut.

"Pelayanan publik yang baik itu harus ada ruang untuk komplain" ujarnya.

Kemudian ditambahkan Noorhalis, komplain yang disampaikan masyarakat harus direspon. Banyaknya jumlah laporan dari publik menunjukkan ekspektasi dari masyarakat.(rny/rr/bingakibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved