Rakornas TIK 2019 Digelar di Kalsel - Bingkai Banua

Wednesday, March 20, 2019

Rakornas TIK 2019 Digelar di Kalsel

Rakornas TIK 2019 Digelar di Kalsel

Banjarbaru – Rapat Koordinasi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Rakornas TIK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 digelar di Kalsel.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs Heriansyah,MSi atas nama Gubernur Kalsel membuka secara resmi Rakornas TIK 2019, Senin (18/3) malam di Hotel Novotel.

Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulisnya mengatakan hadirnya berbagai aplikasi dan platform sosial media, e-commerce, memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia pendidikan. 

“Berkat teknologi, saat ini akses bagi pendidikan sebenarnya sudah mulai terbuka lebar. Ketergantungan manusia yang tinggi terhadap teknologi, membuat dunia pendidikan juga ikut beradaptasi” sebutnya.

Dijelaskan Gubernur, melalui teknologi kegiatan belajar mengajar cenderung berjalan dua arah. Siswa dapat menerima pembelajaran yang disediakan melalui aplikasi atau website, seperti rumah belajar, TV Edukasi milik Kemendikbud.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga menjelaskan pentingnya inovasi untuk mempertahankan eksestensi di era modern sekarang. Dengan inovasi dapat meningkatkan daya saing dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

“Satu-satunya yang dapat mempertahankan eksistensi kita di tengah perubahan adalah inovasi. Untuk itu, dalam berbagai kesempatan, saya terus tekankan hal ini. Teruslah bergerak, berubah, beradaptasi, dan lahirkan inovasi. Jika kita tidak terbiasa berinovasi, maka semakin jauh pula ketertinggalan kita dengan bangsa-bangsa lain,” jelasnya.

Sementara Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Suharwoto,PhD mengatakan dalam Rakornas TIK memiliki 3 tujuan, yaitu mensinergikan program-program yang ada di Pustekkom dengan program prioritas Tv Edukasi, Rumah Belajar, dan swara edukasi. 

Kemudian pelaksanaan kuis Kihajar yang dilaksanakan berjenjang hingga tingkat nasional, pemilihan duta belajar, dan penghargaan bagi Kepala Daerah yang memiliki dedikasi dalam memajukan TIK di daerah.

Selanjutnya yang dalam Rakornas TIK memberikan pendalamam materi yang diberikan oleh pejabat di Kemendikbud, Net Tv, dan dari para pakar lainnya.

“Kegiatan ini berjalan selama 4 hari, yang akan membasa 3 hal utama, yaitu penguatan TV Edukasi, pelaksanaan kuis Kihajar secara berjenjang, dan pemberian materi” ujarnya.

Adapun tema yang diangkat dalam Rakornas TIK ini adalah Pendayagunaan Televisi Edukasi untuk Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan.(rny/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved